Cara Membuat Nasi Uduk Enak Spesial

Cara Membuat Nasi Uduk Enak Spesial – Di indonesia selalu mengutamakan nasi sebagahi bahan pokok makanan sehari-hari. jenisnya pun bermacam-macam seperti, nasi timel, nasi rames, nasi jambalang, nasi kuning,nasi uduk, dan mungkin masih banyak jenis nasi lainnya. Cara penyajiannya pun beragam variasi dan warna yang sering kita sajikan pada waktu pagi hari selain dengan nasi goreng biasanya digantikan dengan nasi uduk. Nasi yang pulen dan ditemani dengan hiasan lauk pauk tentunya akan melengkapi dan menambah kenikmatan menu sarapan anda. berbagai macam hiasan lauk pauk yang menyemprnakan nasi uduk, misalkan nasi uduk dengan rendang ayam, tumisan daging dan sayur, gorengan sambel, dan lain sebagainya. Namun kali ini saya akan membuat nasi uduk hiasan lauk pauk yang simple, bahan- bahan yang di pergunakan tidak terlalu banyak dan cara membuatnya juga sangat sederhana. mari kita lihat cara-cara membuat nasi uduki yang simple.nasi-uduk

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Beras sebanyak 75 gram
  • Daun salam satu lembar
  • Sereh sebanyak satu batang
  • Sediakan garam secukupnya
  • Telur satu butir
  • Dua irisan tomat
  • Satu irisan timun
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kerupuk sebagai pelengkap

Cara membuat :

  1. Pertama-tama kita mencuci beras samapai tiga kali bilas dan bersih, setelah itu nanak nasi hingga beras menjadi aron lalu tuangkan air secukupnya, kemudian aduk-aduk. Masukan batang sereh, daun salam, dan garam, lalu aduk-aduk kembali.
  2. Langkah selanjutnya kita masukkan nasi yang telah di aron kedalam dandang yang sudah dipanaskan, kukus kurang lebih selama 10 – 15 menit atau sampai matang, jika sudah matang, angkat dan diamkan sebentar.
  3. Kemudian kita membuat hiasan lauk pauknya yaitu roll egg, kocok telur dan tambahkan garam dan lada, siapkan teflon kotak atau yang biasa juga boleh, kemdian panaskan dan tuangkan kocokan telur kedalamnya dan diratakan, masak telur hingga setengah matang kemudian gulung telur, angkat lalu potong secara melintang dengan ukuran 1 – 2 cm atau menurut selera anda.
  4. Cara penyajiannya, siapkan mangkuk kecil untuk cetakan nasi uduk, kemudian kita letakkan di atas piring siap saji.
  5. Kita taruh roll egg untuk mengelilingi nasi uduk, lalu kita beri irisan tomat dan timun disisi atau pinggiran nasi uduk.
  6. Kemudian taburi dengan bawang goreng diatas nasi uduk dan lengkapi dengan krupuk. Nasi uduk yang simple siap dihidangkan.

Sangat simple bukan membuatnya, semoga anda dapat menikmatinya dan selamat mencoba.

Resep lain:

List