Resep Ayam Teriyaki

Resep Ayam Teriyaki adalah resep makanan olahan daging ayam dari Jepang. Citarasanya mampu Anda tambahkan sedikit kreasi agar berbeda dengan ayam teriyaki yang di jual di pasar.

Ayam Teriyaki terdengar lezat, gimana dengan rasanya ya? Ya, masakan ini berasal dari negara Jepang. Teriyaki jelas bukan nama yang berasal dari daerah Indonesia. Namun, citarasa khas yang ia berikan mampu berbaur menjadi satu karena bumbu rempah yang berasal dari Indonesia. Ayam teriyaki adalah satu menu masakan dengan bahan dasar daging Ayam, dimana teriyaki ini adalah salah satu masakan khas Jepang. Dengan citarasanya yang unik, berbeda dengan kebanyakan masakan olahan daging ayam yang ada di Indonesia. Ayam teriyaki memiliki rasa khas margarin yang berbaur dengan bumbu rempah lainnya.

Bagi Anda para penggemar masakan khas Jepang pastilah mengenal dengan baik bagaimana ayam teriyaki ini. Selain rasanya yang lezat, ayam teriyaki juga sangatlah gurih dengan bumbu kentalnya yang khas. Resep ayam teriyaki yang enak ini sudah semestinya Anda ketahui jika ingin mencoba membuatnya sendiri. Bahan-bahan organik seperti daging ayam haruslah menggunakan daging yang segar. Pilihlah Daging dengan kondisi segar diketahui dari warna dan aromanya. Cara menghilangkan bau amis daging ayam juga harus Anda perhatikan, diantaranya gunakanlah daun jeruk nipis, atau air perasan lemon. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air jahe dengan air hangat. Caranya, rendam daging ayam selama kurang lebih 20 menit di dalam bahan-bahan tadi. Diamkan dan lihat hasilnya jika bau amis telah lenyap dari daging ayam tersebut.

Banyak orang yang sangat suka masakan Jepang terutama ayam teriyaki ini disamping Cireng Bumbu Rujak Scrispy dan Opor Ayam tentunya. Selain cara membuatnya yang mudah, menyehatkan, dan praktis tentunya. Tak heran mengapa banyak orang menyukai masakan ayam teriyaki. Selain praktis, rasanya sangat mengena dan pas di hati. Ayam teriyaki bisa mengambil bahan utama potongan daging bagian dada dan paha. Jangan gunakan bagian kepala dan cakar ayam karena tak ada dagingnya. Potongan daging untuk membuatnya juga variatif, ada yang memotongnya kecil-kecil dan ada juga yang memotongnya agak besar. Ayam teriyaki juga sudah pasti menyehatkan tubuh karena kandungan proteinnya yang tinggi. Makanan ini bisa menjadi lauk atau dijadikan sebagai cemilan. Resep ayam teriyaki dengan citarasa Jepang sangat bisa untuk dicoba dengan menyiapkan bahan-bahan alami serta membuatnya dengan langkah yang benar.

Cara mengolah masakan ayam teriyaki membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi untuk menghasilkan sebuah sajian ayam teriyaki yang gurih. Sajian ayam teriyaki bisa disajikan di atas sebuah piring saji yang telah dihias sebelumnya. Resep ayam teriyaki jadi lebih lezat dengan tambahan beberapa saus. Anda bisa menggunakan saus tomat bila tak suka pedas, dan gunakan saus sambal jika ingin citarasa pedas. Makanan yang satu ini banyak dijual di warung masakan khas Jepang. Jika susah untuk mencarinya, silahkan terapkan resep untuk membuatnya sendiri di rumah.

Resep Ayam Teriyaki

Resep Ayam Teriyaki

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :

  • Fillet ayam sebanyak 250 gram dipotong sebesar 3X6 cm
  • Bumbu teriyaki sebanyak 25 ml cair
  • Jahe diparut sebesar 1 cm
  • Bawang putih parut sebanyak 1 siung
  • Margarine sebanyak 1 sendok makan
  • Bawang Bombay besar sebanyak 1 buah (iris dengan bentuk memanjang)

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni rendamlah bahan utama atau daging ayam bersama dengan bahan bumbu agar lebih mereseap.
  2. Setelah itu, rendamlah selama kurang lebih 15 menit agar bumbu benar-benar meresap.
  3. Tumis margarin bersama dengan bawang bombay, aduklah hingga rata. Setelah itu, masukkanlah daging ayam yang telah dipotong, aduk hingga matang.
  4. Setelah daging ayam matang dengan tekstur yang empuk, angkat. Tiriskan serta sajikan selagi masih hangat bersama dengan sepiring nasi hangat tentunya.

Resep ayam teriyaki yang akan Anda coba di atas adalah menu original. Anda masih bisa menambahkan kekreatifitasan diri Anda dengan mengubah cara mengolah dan menambahkan beberapa bahan tambahan. Anda bisa menambahkan beberapa Bakso dan juga sosis. Nah, cukup menambahkannya saat digoreng. Mudah kan? Anda juga bisa menyajikan ayam teriyaki bersama dengan saus beraneka ragam. Jika Anda tak suka pedas, gunakanlah saus tomat atau mayonese. Namun, jika Anda menyukai rasa pedas, gunakanlah saus sambal dengan tambahan bubuk lada hitam yang hangat di dalam tubuh. Anda juga bisa menambahkan sejumlah serutan keju di atasnya sebagai toping.

Baca Juga : Resep Tahu Gejrot Enak Asli Cirebon

Resep ayam teriyaki sudah sama dengan ayam teriyaki yang dibuat di Jepang. Masakan ini tak melulu harus sempurna dengan koki dari Jepang. Semua orang bisa mencoba untuk membuatnya dengan mengikuti langkah pembuatan yang sudah tertulis tentunya. Ayam teriyaki bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Namun, beberapa tempat makan menjualnya dengan harga lebih terjangkau. Maka dari itu, akan lebih baik jika membuat makanan ini sendiri. Selain lebih hemat, praktis, juga lebih sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba.

Resep lain:

List