Resep Cireng Bumbu Rujak Crispy Enak Mudah

Tips Cara Membuat Resep Cireng Bumbu Rujak Yang Enak, Renyah dan Praktis. Cireng dengan bumbu rujak atau dikenal juga dengan resep rujak cireng saat ini memang menjadi fenomena yang cukup heboh di dunia kuliner kita. Cemilan enak yang terbuat dari aci yang digoreng ini pertama kali keluar memang sempat dipandang sebelah mata. Tetapi karena rasanya yang enak, crispy dan gurih, lambat laun jajanan yang berasal dari kota Bandung ini mendapatkan hati di banyak masyarakat kita. Saat pertama kali muncul, cireng bandung ini hanya digoreng dan langsung dinikmati. Tetapi saat ini ada banyak sekali variasi dari cemilan aci yang digoreng ini, salah satunya yang akan kita buat nanti, yaitu resep cireng bumbu rujak. Cireng rujak Bandung ini memang gampang kita dapatkan secara online dengan harga yang cukup mahal, tetapi tidak ada salahnya bukan kalau kita buat sendiri. Cara membuat rujak cireng ini juga cukup mudah dan bahan bahan yang dibutuhkannya pun juga cukup sederhana.

Buat teman teman yang belum pernah mencobanya, tetapi pasti banyak yang penasaran dengan resep cireng bumbu rujak ini. Ya, saat ini, resep rujak cireng bandung ini memang bisa dibilang lagi nauk daun. Mungkin kita sering melihat status keluarga atau teman teman di sosial media yang menceritakan mengenai kelezatan cireng rujak ini. Bahkan mungkin kita sering juga melihat iklan di internet yang menjual cemilan khas Bandung ini dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal kalau dibandingkan dengan harga yang biasa kita beli di abang abang penjual gorengan. Terus terang saya sendiripun sangat penasaran sekali mengenai bentuk dan rasanya karena sering melihat status teman teman di sosmed.

Di benak kita, pasti membayangkan cemilan rujak cireng ini dimasak menggunakan bumbu rujak seperti di rujak buah yang biasa kita makan bersama keluarga. Yang paling gak kebayang adalah bagaiman aci yang kenyal disantap bersama dengan bumbu rujak yang pedas. Tetapi ternyata rasanya benar benar luar biasa lho. Perpaduan rasa gurih dan crispy dari cireng yang digoreng dengan rasa pedas, asam dan manis dari bumbu rujaknya memang benar benar enak. Bahkan bisa sampai membuat kita ketagihan lho dengan resep rujak cireng ini.

Walaupun kelihatannya cukup sederhana, resep cemilan khas Bandung ini ternyata harganya cukup mahal lho. Harga rujak cireng biasanya dibanderol sekitar Rp 20.000 untuk satu bungkusnya. Belum lagi biasanya butuh beberapa hari untuk sampai kalau kita memesannya lewat online. Tetapi sekarang teman teman tidak perlu khawatir. Kita bisa sering menikmati cireng rujak ini bersama keluarga di rumah. Cara membuatnya cukup mudah dan bahan bahan yang dibutuhkannya juga cukup sederhana. Untuk selengkapnya, silahkan melihat detail Resep Cireng Bumbu Rujak Crispy di bawah ini.

 

resep cireng bumbu rujak enak

resep cireng bumbu rujak enak renyah

Bahan bahan Resep Cireng Bumbu Rujak Spesial

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah aci atau tepung tapioka kurang lebih sebanyak 10 sendok makan saja untuk membuat adonan cirengnya.
  2. Tepung tapioka kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sampai 2 sendok makan untuk melapisi adonan cirengnya nanti supaya hasilnya lebih crispy.
  3. Tepung terigu halus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  4. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  5. Merica halus atau bubuk secukupnya atau kurang lebih 0.25 sendok kecil saja. Bisa dihilangkan kalau anak anak benar benar tidak suka pedas.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  7. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1/2 siung saja. Kupas kulitnya lalu parut atau rajang sampai benar benar halus.
  8. Daun bawang secukupnya. Cuci bersih lalu rajang tipis tipis.
  9. Daun seledri kalau suka secukupnya. Cuci bersih seledrinya lalu rajang tipis tipis juga untuk campuran adonan rujak cirengnya.
  10. Kaldu ayam bubuk supaya aroma dan rasanya lebih gurih kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa diganti dengan kaldu daging atau ikan.
  11. Air bersih kurang lebih sebanyak 130 ml saja.
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan cirengnya.

Cara Membuat Rujak Cireng Yang Mudah, Cepat dan Praktis

  1. Langkah pertama ambil satu wadah lalu masukkan 10 sendok tapioka, garam dapur beryodium, merica bubuk dan gula pasirnya.
  2. Aduk aduk keempat bahan diatas sampai benar benar tercampur rata.
  3. Campurkan air bersih dengan kaldu ayamnya lalu masak sampai benar benar mendidih.
  4. Tuang air kaldu diatas ke dalam wadah adonan pertama lalu aduk aduk sampai benar benar rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Masukkan tepung terigunya lalu aduk aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Masukkan bawang putih halusnya, daun seledri dan daun bawangnya lalu aduk aduk kembali sampai benar benar tercampur rata.
  7. Ambil satu wadah lain lalu tuang 2 sendok makan tepung tapiokanya untuk bahan lapisan cirengnya.
  8. Ambil adonan cireng secukupnya sesuai selera lalu masukkan ke dalam wadah tepung tapioka diatas.
  9. Bolak balik lalu pipihkan dan bentuk bulat tipis sesuai selera. Ulangi sampai semua adonan cirengnya habis.
  10. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak secukupnya. Masukkan dan masak adonan cireng sampai matang dan garing supaya lebih renyah dan krispi.

Bahan bahan dan Cara Membuat Sambal Bumbu Rujak

  1. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 1/2 sendok makan saja.
  2. Tepung maizena sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja. Campur dengan sedikit air lalu aduk aduk sampai larut.
  3. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  4. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  5. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 60 ml.
  6. Buah cabai rawit secukupnya sesuai selera.
  7. Terasi kalau suka.
  8. Cara membuatnya rebus dan campur semua bahan diatas (kecuali larutan tepung maizena) sampai benar benar mendidih dan gula merahnya larut sempurna.
  9. Masukkan tepung maizenanya sedikit sambil dicampur dan diaduk aduk sampai rata dan sampai mendapat tingkat kekentalan yang diinginkan.

Selesai sudah cara membuat rujak cireng nya. Sangat sederhana dan gampang dibuatnya bukan resep cireng bumbu rujak. Tinggal dicelupkan ke sambal rujaknya dan teman teman dan keluarga bisa menikmati perpaduan rasa gurih, renyah dan pedas tanpa perlu keluar rumah atau mngeluarkan uang untuk membelinya. Selain murah, cireng rujak diatas lebih sehat karena kita tidak menggunakan vetsin atau penyedap rasa yang biasanya digunakan penjual aci digoreng pada umumnya untuk menyedapkan rasa. Untuk ide cemilan sederhana tapi nikmat yang lain, silahkan mencoba Cara Membuat Resep Kroket Kentang Renyah Enak Yang Mudah Dan Praktis atau Resep Tahu Gejrot Enak Asli Cirebon yang tidak kalah uniknya

Resep lain:

List