Gulai Ikan (Kakap Merah). Pagi-pagi dapat WA dari seorang teman. Kakap merah merupakan ikan terenak yang bisa diolah jadi berbagai macam masakan. Bisa digoreng biasa, dibakar, dimasak kuah kuning, pindang serani, juga boleh dikombinasi dengan santan jadi gulai ikan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bisa juga menggunakan ikan kakap putih atau merah. Potong ditengah menjadi beberapa bagian supaya gampang dikeluarin airnya. Untuk bahan resep gulai ikan kakap ini aku menggunakan ikan kakap merah, namun sah-sah saja jika kamu menggunakan ikan tongkol, ikan kuwe, ikan tenggiri, ikan tuna, atau jenis ikan laut lain.
Anda bisa memasak Gulai Ikan (Kakap Merah) dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah. Monggo silahkan diperhatikan segala detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Gulai Ikan (Kakap Merah)

  1. Perlu 600 gram ikan (bisa kakap, kerapu, tenggiri, gurame, dll).
  2. Perlu 2 batang sereh (geprek).
  3. Perlu 5 lembar daun jeruk.
  4. Perlu 1 lembar daun kunyit (iris halus).
  5. Ambil 5 buah belimbing sayur (saya ganti 1 buah tomat).
  6. Perlu 10 buah cabai rawit utuh.
  7. Siapkan 1 buah asam gelugur (saya ganti 1 buah asam jawa).
  8. Perlu 1 liter santan.
  9. Perlu Secukupnya garam dan gula.
  10. Perlu Secukupnya minyak goreng (untuk menumis).
  11. Siapkan Bumbu yang dihaluskan :.
  12. Perlu 8 siung bawang merah.
  13. Ambil 3 siung bawang putih.
  14. Perlu 1 ruas kunyit.
  15. Ambil 10 cabe merah keriting.

Demi mengurangi jumlah santan, aku memadukan santan dengan susu rendah lemak agar terasa. Resep dengan petunjuk video: Gulai Kepala Ikan, salah satu menu andalan di Rumah Makan Padang dengan rasa bumbu yang khas dan cocok untuk teman nasi panasmu! Cuci bersih kepala ikan kakap lalu buang insangnya kemudian beri perasan jeruk nipis agar ikan tidak amis. Langkah yang berikutnya adalah panaskan minyak pada wajan.

Instruksi Membuat Gulai Ikan (Kakap Merah)

  1. Siapkan ikan dan bumbu lainnya..
  2. Haluskan bumbu..
  3. Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, sereh, dan irisan daun kunyit. Tumis sampai harum..
  4. Masukkan santan ke dalam bumbu yang sudah ditumis. Masak kira-kira 10 menit sambil sesekali diaduk..
  5. Masukkan potongan ikan, asam gelugur. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya, lalu koreksi rasa..
  6. Masak sampai santan agak menyusut dan bumbu meresap. 10 menit sebelum diangkat masukkan belimbing sayur (saya tomat). Sajikan..

Oh iya, pada resep gulai ikan kakap ini saya menggunakan ikan kakap merah dengan ukuran yang cukup besar. Namun penggunaan ikan bisa diganti dengan ikan lainnya, seperti ikan tongkol, ikan kuwe, ikan tenggiri, ikan tuna, atau jenis ikan laut lainnya sesuai selera. Resep gulai ikan kakap – Resep gulai dengan bahan utama ikan kakap dengan rasa yang sedap. sering disajikan dirumah makan padang. Cara membuat gulai ikan kakap : Tumis bumbu yang telah di haluskan sampai harum, tambahkan lengkuas, jahe, daun jeruk, serai dan kaldu bubuk. Ikan kakap merupakan ikan yang hidup di air laut, jenis ikan kakap pun beragam, ada ikan kakap putih, ikan kakap merah dan masih banyak lagi Nah, bagi anda yang gemar dengan masakan ikan kakap, kami akan berikan resep masakan gulai ikan kakap, dengan cita rasa yang enak dan lezat.

Inilah artikel memasak Gulai Ikan (Kakap Merah), mari disajikan dirumah anda dengan mengikuti semua bahan dan langkah detail itu. Jangan lupa dibookmark website ini sehingga anda dapat dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya bisa selalu memperoleh update resep terbaru setiap kali kami. Happy Cooking