Mangut kepala manyung. Jakarta – Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Setelah sukses dengan dua restoran di Semarang, Restoran Kepala Manyung Bu Fat membuka cabang di Jakarta tepatnya di kawasan Cempaka Putih dan Cipete. Ikan manyung merupakan salah satu jenis ikan laut. Kepala Ikan Manyung Mangut Bu Fat jadi salah satu makanan legendaris dari Semarang.

Lagi mencari inspirasi resep mangut kepala manyung yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan mangut kepala manyung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Jakarta – Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut kepala manyung yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut kepala manyung memakai 19 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut kepala manyung:

  1. Ambil 500 gr kepala manyung.
  2. Siapkan 4 buah tahu putih potong besar.
  3. Siapkan Petai (optional).
  4. Sediakan 1 buah tomat iris.
  5. Gunakan 1 serai geprek.
  6. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  7. Gunakan 1 lembar daun salam.
  8. Siapkan 1 ruas lengkuas geprek.
  9. Ambil Gula, garam, kaldu bubuk.
  10. Ambil 500 ml santan (saya pakai kara saset+air).
  11. Siapkan Secukupnya air.
  12. Sediakan Bumbu halus:.
  13. Ambil 8 bawang merah.
  14. Ambil 8 bawang putih.
  15. Sediakan 1 ruas kencur.
  16. Gunakan 1 ruas kunyit.
  17. Sediakan 3 butir kemiri.
  18. Siapkan Sesuai selera cabai merah keriting.
  19. Sediakan Sesuai selera cabai rawit setan.

Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Rasa dari mangut di Warung Makan Kepala Manyung Bu Fat ini adalah gurih dan pedas. Karena itulah, buat kamu yang kurang gemar dengan kuliner pedas, bisa kurang-kurangi cabainya. Kepala ikannya lembuut, dan itu bumbu yaaa, diolesin merata di kepala Manyung , endeeeus meresap sampai ke dalam-dalam.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut kepala manyung:

  1. Siapkan bahan2, haluskan bumbu (yang difoto kurang cabai merah keriting dan kemiri).
  2. Tumis bumbu halus, serai geprek, daun jeruk, daun salam dan lengkuas, sampai harum..
  3. Tuang air secukupnya, lalu kepala manyung, masukkan gula, garam, kaldu bubuk, kemudian tahu, tomat dan terakhir santan. Aduk dan tes rasa, tunggu sampai mendidih dan air agak menyusut..

Jadi pas di hisep, berasa puaaaas banget ;). Aku rada cerewet soal ikan , amis dikit, langsung ga napsu :p. Nah mangut manyung ini, lebih dominan bau daging ikan yang diasapi. Kepala Manyung ini dibikin masakan Mangut. Masakan dengan kuah santan dan cabe yang pedasnya nendang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut kepala manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!