Mangut Tengiri Panggang Komplit. Lihat juga resep Manggut Ikan Tenggiri Asap enak lainnya. Mas Eka sekeluarga akan mengajak kami makan siang… Tapi kadang pengen coba olahan lain dari Iwak panggang ini. Iwak Panggang ada berbagai macam, yang biasa di Semarang di olah jadi menu Mangut itu Iwak Pe, atau ikan Pari panggang, atau Iwak Manyung, yang Kepalanya walau bentuknya seram juga malah menjadi salah satu daya tarik dan jadi kuliner khas Pantura.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ikan tenggiri salah satu ikan laut yang digemari oleh banyak masyarakat, selain rasa dagingnya yang empuk dan nikmat ikan tenggiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa aneka masakan ikan tenggiri yang bisa anda coba dirumah yang bisa dijadikan sebagai menu harian anda. Kemudian masukan ikan tenggiri, masak hingga matang dan bumbu terlihat mengental.

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut tengiri panggang komplit yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut tengiri panggang komplit yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Manggut Ikan Tenggiri Asap enak lainnya. Mas Eka sekeluarga akan mengajak kami makan siang… Tapi kadang pengen coba olahan lain dari Iwak panggang ini. Iwak Panggang ada berbagai macam, yang biasa di Semarang di olah jadi menu Mangut itu Iwak Pe, atau ikan Pari panggang, atau Iwak Manyung, yang Kepalanya walau bentuknya seram juga malah menjadi salah satu daya tarik dan jadi kuliner khas Pantura.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut tengiri panggang komplit, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan mangut tengiri panggang komplit enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan mangut tengiri panggang komplit sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Mangut Tengiri Panggang Komplit menggunakan 19 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Tengiri Panggang Komplit:

  1. Sediakan 6 potong ikan tengiri panggang.
  2. Ambil 1/2 papan tempe (opsional).
  3. Sediakan 2 buah tahu (opsional).
  4. Gunakan 1 papan petai (opsional).
  5. Gunakan 🌿Bumbu Bumbu🌿.
  6. Siapkan 3 siung bawang putih.
  7. Sediakan 5 siung bawang merah.
  8. Gunakan 2 buah cabe merah.
  9. Sediakan 7 buah cabe rawit (sesuai selera).
  10. Gunakan 2 lembar daun salam.
  11. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  12. Sediakan 1 buah tomat.
  13. Siapkan 1 cm laos (geprek).
  14. Sediakan 1 cm jahe (geprek).
  15. Sediakan 1 cm kencur (geprek).
  16. Gunakan 80 ml santan instan.
  17. Siapkan secukupnya garam, gula (saya pakai gula merah).
  18. Gunakan minyak untuk menumis.
  19. Ambil secukupnya air.

Selanjutnya adalah tuangkan ikan tenggiri kedalam alumunium foil, lalu bungkus dengan rapat. Ikan panggang teflon yang gurih atau ikan bakar tanpa arang sangat praktis dan gampang. Rasanya enak tidak kalah dengan ikan bakar pakai arang kayu. Setelah ikan matang, angkat ikan dan sisihkan sementara sebelum kita buat bumbu mangut lezatnya.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Tengiri Panggang Komplit:

  1. Siapkan bahan, kupas dan cuci bahan yang butuh dikupas dan dicuci, jangan lupa siapkan mood untuk memasak 😊.
  2. Potong2 tahu, tempe dan petai sesuai selera.
  3. Goreng setengah matang tahu dan tempe.
  4. Iris tipis semua bumbu, kecuali dedaunan dan bumbu yang digeprek.
  5. Tumis bawang merah, bawang putih sampai tercium bau harum. Tambahkan cabe, tomat, gula merah, garam, bumbu2 yang digeprek. Masukkan ikan panggangan, tahu, tempe petai. Campur dengan bumbu hingga merata..
  6. Tambahkan air secukupnya, masukkan santan, aduk2 agar tidak pecah. Tunggu hingga mendidih, koreksi rasa..
  7. Mangut komplit siap dihidangkan.. jangan lupa berdoa sebelum makan ya! Selamat mencobaaa.. 😋.

Makan malam hari ini terasa spesial karena adanya kiriman mangut ikan asap dari saudara saya. Rasa kuah koto yang gurih dan pedas nampol memang sulit untuk ditolak. Ditambah dengan aroma ikan asap yang khas terasa begitu menggoda. Selain sajian ini, ikan asap juga sering dimasak santan, tumis sambal pedas, pecak, hingga asem-asem. Tidak sedikit orang yang membandingkan rasa dagingnya dengan ikan tenggiri (yang sangat popular dengan empek-empek Palembang), bahkan di Batang tempat kami, ikan ini sering disebut ikan tengiri.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Tengiri Panggang Komplit yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!