Mangut Iwak Panggang (Ikan Asap) Jepara. Resep Mangut Iwak Panggang (Ikan Asap) Jepara. Ya, bagi siapapun yang pernah tinggal di pantai utara jawa tengah pasti tau dengan MANGUT IWAK PANGGANG. Iwak panggang adalah ikan tongkol/ manyung/ pari/ banyar/ belo segar yg diasapi dengan arang bathok kelapa sampai.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Iwak panggang adalah ikan tongkol/ manyung/ pari/ banyar/ belo segar yg diasapi dengan arang bathok kelapa sampai matang, aromanya khas. Lihat juga resep MANGUT IWAK PE PARI PATIN ASAP enak lainnya. Mangut Iwak Pe (Ikan Pari Asap) by Octa Wulandari. sumber: mertua.

Lagi mencari inspirasi resep mangut iwak panggang (ikan asap) jepara yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut iwak panggang (ikan asap) jepara yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak panggang (ikan asap) jepara, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut iwak panggang (ikan asap) jepara yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Resep Mangut Iwak Panggang (Ikan Asap) Jepara. Ya, bagi siapapun yang pernah tinggal di pantai utara jawa tengah pasti tau dengan MANGUT IWAK PANGGANG. Iwak panggang adalah ikan tongkol/ manyung/ pari/ banyar/ belo segar yg diasapi dengan arang bathok kelapa sampai.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut iwak panggang (ikan asap) jepara yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Iwak Panggang (Ikan Asap) Jepara menggunakan 21 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mangut Iwak Panggang (Ikan Asap) Jepara:

  1. Ambil 16 potong iwak panggang tongkol/ manyung/ pari potongan sedang.
  2. Ambil 12 buah tahu goreng (3 tahu kotak saya potong jadi 4 bentuk segitiga tipis digoreng).
  3. Gunakan secukupnya Air.
  4. Ambil Santan kelapa kental dari 3/4 butir kelapa.
  5. Ambil secukupnya Minyak goreng.
  6. Gunakan Garam.
  7. Siapkan Gula.
  8. Sediakan Kaldu bubuk/penyedap.
  9. Gunakan Bumbu halus:.
  10. Siapkan 10 siung bawang merah.
  11. Ambil 8 siung bawang putih.
  12. Siapkan 1/2 ons cabe merah keriting (atau sesuai selera).
  13. Siapkan 6 butir kemiri.
  14. Ambil 1 ruas jari kunyit.
  15. Ambil 1 buah tomat matang.
  16. Sediakan 1 ruas kencur.
  17. Ambil Bumbu pendukung:.
  18. Ambil 4 cm laos digeprek.
  19. Ambil 5 lembar daun salam.
  20. Ambil cabe rawit utuh.
  21. Siapkan Bawang goreng untuk taburan.

Resep Ikan Pe Asap Mangut Istimewa – Resep Masakan Ikan kali ini adalah olahan ikan asap yang bisa dibilang masakan tradisional Indonesia. Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Suara.com – Berkunjung ke Semarang, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi mangut iwak pe (ikan pari). Ya hidangan berbahan dasar ikan pari ini menjadi salah satu kuliner andalan ibukota Jawa Tengah ini.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Iwak Panggang (Ikan Asap) Jepara:

  1. Haluskan bumbu, tumis bersama laos dan daun salam sampai harum.
  2. Ambahkan air secukupnya kira2 sampai bisa merendam semua iwak panggang dan tahu. Biarkan mendidih..
  3. Masukkan iwak panggang dan tahu, garam gula. Jangan sering diaduk biar iwak panggang tidak hancur. Biarkan sampai bumbu meresap..
  4. Masukkan santan kecilkan api. Biarkan mendidih sambil diaduk pelan sesekali. Tes rasa..
  5. Matikan api. Masukkan cabe rawit utuh. Taburi bawang goreng. Siap dihidangkan..
  6. Nb : aslinya pantura ga kenal gula dalam memasak. Kalau mau pakai gula sbg gantinya penyedap pakainya dikit aja biar mangutnya ga manis tetep dominan gurih, kalo manis bukan mangut pantura tapi mangut jogja hehehe. Intinya kembali ke selera aja sih. tapi…aslinya pantura malah pakai penyedap rasa biar rasanya manteb. Tapi bisa diskip, saya tidak pakai..

Mangut sendiri adalah jenis masakan berkuah, yang tak melulu berbahan dasar ikan pari, dengan bumbu rempah-rempah yang sangat khas dan memiliki rasa yang eksotik. Iwak Panggang, atau Ikan asap.di Semarang melimpah ruah.hihi. Di pasar atau di tukang sayur setiap hari banyak yang jual. Paling enak sich di masak mangut.khas Pantura.dan di Semarang juga terkenal. Lihat juga resep Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang enak lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut iwak panggang (ikan asap) jepara yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!