Mangut Ikan Panggangan Nampolll. Kalo pulang Semarang pasti harus masak ini. Lihat juga resep Sayur Mangut (ikan asap / panggang) Pedes enak lainnya. Senang rasanya kalo masak masakan kesukaan orang yang kita sayangi sepenuh hati,. aku masak sayur mangut ikan asap.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Masakan olahan ikan ini sudah banyak di seluruh rumah makan Indonesia, khususnya dan biasanya dijumpai di warteg-warteg seluruh kota. Ikan Pe atau ikan pari termasuk salah satu jenis ikan yang banyak dijual dalam bentuk ikan asap. Ikan Pea sap bisa diolah menjadi aneka hidnagan lezat, dari mulai mangut ikan Pe hingga penyetan.

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut ikan panggangan nampolll yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan panggangan nampolll yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut ikan panggangan nampolll, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut ikan panggangan nampolll yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Kalo pulang Semarang pasti harus masak ini. Lihat juga resep Sayur Mangut (ikan asap / panggang) Pedes enak lainnya. Senang rasanya kalo masak masakan kesukaan orang yang kita sayangi sepenuh hati,. aku masak sayur mangut ikan asap.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan mangut ikan panggangan nampolll sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Mangut Ikan Panggangan Nampolll menggunakan 8 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut Ikan Panggangan Nampolll:

  1. Siapkan 2 atau 4 ikan manyung.
  2. Ambil Beberapa potong tahu+ tempe, potong sesuai selera.
  3. Sediakan Pete (bisa lewat aja kalo nggk suka Pete) 😁.
  4. Ambil Bisa ditambah terong kalo suka.
  5. Ambil Santan kelapa, bisa santan instan kalo nggak mau repot.
  6. Sediakan Cabe rawit, cabe ijo+merah besar. Iris2.
  7. Sediakan Jahe, Laos, salam secukup nya+daun jeruk 4 lembar.
  8. Ambil Bisa + kencur sedikit buat penyedap, kalo nggk suka, skip.

Ikan Pari atau Iwak Pe, emang paling enak dimasak santan. Kalo Jawa Timur namanya Kothok Iwak Pe. Paduan aroma ikan panggangnya dengan campuran bumbu lengkapnya menimbulkan aroma yang menggoda. Di Jawa Tengah masakan sejenis ini juga ada, biasanya disebut dengan Mangut Pe.

Cara menyiapkan Mangut Ikan Panggangan Nampolll:

  1. Ikan manyung/ pe/ ikan panggangan dicuci bersih. Boleh peraskan jeruk nipis untuk mengurangi amis ikan panggang nya. Diam kan sejenak.
  2. Siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya..
  3. Setelah minyak panas masukkan bumbu iris berikut Laos, jahe, kencur halus+ Pete. Setelah wangi tambahkan air secukupnya. Masukkan bumbu2 (garam, Masako,gula sedikit) setelah mendidih masukkan tempe / tahu dan ikan panggangan tadi. Diamkan lagi, tutup dengan tutup panci biar kuah meresap dulu kedalam tahu/tempe dan ikan.
  4. Setelah kuah sedikit asat/ meresap/ berkurang, masukkan santan secukup nya sesuai selera..
  5. Tunggu mendidih, kuah meresap koreksi rasa sekalian. Setelah di rasa cukup angkat. Jadi dehhhh…

Cara Membuat Mangut Ikan Lele Panggang: Pertama, siapkan panggangan diatas kompor dengan api yang sedang dan panggang ikan lele hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah ikan matang, angkat ikan dan sisihkan sementara sebelum kita buat bumbu mangut lezatnya. Mangut Panggang Manyung by Ibunya Saifa Hayoooo… siapa yang tau makanan ini? Mangut ikan asap.sudah menjadi hidangan sehari hari masyarakat Pantura. Di Pati dan Juwana ada warung makan yang terkenal dengan menu mangut ikan asap , baik iwak pe maupun iwak manyung.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat mangut ikan panggangan nampolll yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!