Mangut Manyung Khas Semarang. Resep Mangut Ikan Manyung Khas Semarang. sebagai orang asli semarang, Mangut Ikan Manyung ini jadi menu favorit keluarga. Kali ini saya buat dengan bumbu iris serta pemakaian bumbu pawon yang tidak pelit ya, agar ikan manyung asap ini tidak amis dan bertambah sedap ketika disantap. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Mangut kepala manyung ini cukup populer di Semarang jadi jangan sampai terlewatkan dalam daftar wisata kuliner kamu. Dengan banyak pilihan ikan yang digunakan, wisata kuliner kamu akan lebih bervariasi dan kamu bisa menentukan mangut jenis apa yang sesuai dengan selera kamu. Masyarakat Semarang pasti sudah tak asing dengan nama Warung Ikan Mangut Manyung Bu Fat.

Sedang mencari ide resep mangut manyung khas semarang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut manyung khas semarang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut manyung khas semarang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan mangut manyung khas semarang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Resep Mangut Ikan Manyung Khas Semarang. sebagai orang asli semarang, Mangut Ikan Manyung ini jadi menu favorit keluarga. Kali ini saya buat dengan bumbu iris serta pemakaian bumbu pawon yang tidak pelit ya, agar ikan manyung asap ini tidak amis dan bertambah sedap ketika disantap. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah mangut manyung khas semarang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Manyung Khas Semarang menggunakan 22 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Mangut Manyung Khas Semarang:

  1. Ambil 5 ikan manyung panggang.
  2. Siapkan 8 butir bawang merah, iris tipis.
  3. Siapkan 4 butir bawang putih, iris tipis.
  4. Siapkan 5 buah cabe merah keriting, iris tipis serong.
  5. Sediakan 3 buah cabai hijau besar, iris tipis serong.
  6. Sediakan 6 buah cabai rawit setan, iris tipis serong.
  7. Sediakan 2 lembar daun salam.
  8. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  9. Ambil 3 cm lengkuas.
  10. Sediakan 1 batang serai, geprek.
  11. Sediakan 2 buah tomat, potong2.
  12. Gunakan 1 sdt kaldu bubuk (saya pakai totole).
  13. Siapkan 2 buah santan instan (saya pake kara @65 ml).
  14. Siapkan Secukupnya gula dan garam.
  15. Sediakan Secukupnya gula merah.
  16. Ambil Bahan yang dihaluskan.
  17. Gunakan 1 ruas kencur.
  18. Ambil 1 ruas kunyit.
  19. Siapkan Bahan Tambahan (boleh skip).
  20. Siapkan 5 buah tahu kuning/coklat.
  21. Siapkan 4 potong tempe.
  22. Siapkan 1 papan petai, iris serong (saya skip).

Pusatnya berada di Jalan Ariloka, Semarang Barat. Ikan manyung kha Bu Fat telah kesohor dan menjadi primadona kuliner di Semarang. Banyak tokoh terkenal yang singgah di rumah makan ini untuk mencicipi sensasi mangut yang pedas dan ikan manyung asap yang khas. Mangut Kepala Manyung menjadi alternatif makanan khas semarang.

Langkah-langkah membuat Mangut Manyung Khas Semarang:

  1. Siapkan bahan2, saya tambahkan tahu dan tempe tapi lupa kefoto.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampe harum. Masukkan kencur dan kunyit yang sudah dihaluskan serta cabe iris. Tumis hingga layu.
  3. Masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Tunggu beberapa saat kemudian masukkan ikan panggang beserta tahu dan tempe..
  4. Setelah harum masukkan santan dan tambahkan sedikit air..
  5. Masak hingga ikan matang. Setelah itu masukkan gula, garam, gula merah dan kaldu. Aduk hingga mendidih. Kemudian koreksi rasa. Terakhir masukkan tomat..
  6. Didihkan dengan api kecil. Setelah matang, mangut siap dihidangkan.

Makanan ini sendiri terdiri dari kepala ikan manyung, daging ikan manyung, santan, cabe dan juga tomat. Nasi Ayam Semarang Artikel karya Rina Susanti, yang kemudian saya ikuti juga dengan nulis kuliner khas Semarang yaitu Mangut Ndas Manyung ini. Beberapa tempat makan yang legendaris dan terkenal karena masakan Mangut Ndas Manyung di kota Semarang, sebagai berikut : – Mangut Ndas Manyung Bu Fat. Resep Memasak Mangut Ikan Pari/Manyung Khas Semarang. Ibu kota jawa tengah ini memang selalu mempunyai pesona tersendiri, selain mempunyai pantai-pantai yang indah kota semarang juga dekat dengan wisata pegungungan yang sejuk dan indah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut manyung khas semarang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!