Tongkol Kukus Pedas Manis.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Anda bisa mendapatkan Tongkol Kukus Pedas Manis menggunakan 17 bahan dan 6 langkah. Silahkan diperhatikan segala detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Tongkol Kukus Pedas Manis

  1. Siapkan 5 potong kecil ikan tongkol.
  2. Siapkan Bumbu Ikan.
  3. Ambil 2 sdt kunyit bubuk.
  4. Ambil 1 sdt garam.
  5. Perlu 2 sdt ketumbar bubuk.
  6. Ambil Bahan Saus.
  7. Perlu 4 siung bawang merah.
  8. Siapkan 4 siung bawang putih.
  9. Ambil 1/2 buah bawang bombay.
  10. Ambil Segenggam lombok (opsional).
  11. Ambil 2 sdm kecap manis.
  12. Perlu 1 sdm saus tiram.
  13. Ambil 1 sdt garam.
  14. Ambil 2 sdm jahe bubuk.
  15. Siapkan 1 gelas air.
  16. Siapkan 5 gelas air untuk mengukus.
  17. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis.

Langkah Langkah Membuat Tongkol Kukus Pedas Manis

  1. Siapkan ikan yang telah dibumbui, diamkan hingga bumbu ikan meresap, lebih bagus jika didiamkan semalaman. Siapkan kukusan dan bahan-bahan saus..
  2. Cincang bawang merah dan bawang putih. Iris bawang bombay dan lombok. Setelah itu, buat saus dengan mencampur kecap manis, saus tiram, garam, jahe bubuk dan air di wadah terpisah..
  3. Tumis bawang putih terlebih dulu hingga tercium aroma nya. Kemudian masukan bawang merah, bawang bombay dan lombok. Tumis hingga layu..
  4. Masukan campuran saus dan tambahkan air. Masak hingga bumbu tercampur rata..
  5. Siapkan ikan yang telah dibumbui di dalam wadah tahan panas. Tuang saus yang telah ditumis sebelumnya ke dalam wadah ikan. Lalu kukus ikan selama 45 menit..
  6. Setelah 45 menit, cek ikan. Pastikan matang luar dalam kemudian keluarkan dari kukusan. Ikan siap dinikmati dengan nasi panas 😁.

Inilah cara membikin Tongkol Kukus Pedas Manis, ayo dipraktekkan ditempat anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan step step detail tersebut. Silahkan dibookmark website ini agar anda mampu dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya dapat selalu memperoleh update resep terbaru kalau kami. Happy Cooking