Mangut Ikan Manyung. Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kamu bisa saja membuatnya sendiri di rumah. Ikan manyung dikenal cukup sulit untuk. Mangut Manyung merupakan masakan berkuah santan dengan rasa yang pedas.

Anda sedang mencari inspirasi resep mangut ikan manyung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut ikan manyung yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut ikan manyung, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut ikan manyung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mangut ikan manyung yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Ikan Manyung menggunakan 18 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Mangut Ikan Manyung:

  1. Ambil 600 gr daging manyung asap (kurleb 14 potong).
  2. Gunakan 1 btg sere, geprek.
  3. Siapkan 3 lbr daun jeruk, sobek sedikit.
  4. Gunakan 2 lbr daun salam.
  5. Gunakan Secukupnya/sepotong laos, memarkan.
  6. Sediakan 1000 ml santan (kurang lbh).
  7. Sediakan Secukupnya garam.
  8. Siapkan Secukupnya gula merah.
  9. Siapkan Secukupnya kaldu bubuk (opsional).
  10. Sediakan Secukupnya pete (opsional, saya nggak pakai).
  11. Siapkan Bumbu Halus : πŸ‘‡.
  12. Sediakan 15 bh bawang merah.
  13. Ambil 7 siung bawang putih.
  14. Gunakan 5 btr kemiri sangrai.
  15. Ambil 20 bh cabe merah kriting/sesuai selera.
  16. Siapkan 10 bh cabe rawit merah/sesuai selera.
  17. Siapkan 2 cm kunyit.
  18. Siapkan 2 cm kencur.

Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan. Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. Baru tahu mba ada mangut manyung wkwkwk.dan ikan manyung :p tapi liat penampakannya enak yah.

Cara menyiapkan Mangut Ikan Manyung:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu tuangi santan. Masukkan sere, daun jeruk, salam laos, garam & gula. Biarkan hingga santan mendidih..
  2. Kecilkan api, masukkan ikan mangut, biarkan hingga santan agak menyusut & bumbu meresap. Cicipi rasa. Yummy…πŸ˜šπŸ˜‹.

Jakarta – Di sini ada mangut kepala manyung pedas menggigit plus botok petai cina. Dibuat dengan resep turun-temurun selama tiga generasi, restoran ini punya banyak penggemar. Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis (Siluriformes), famili Ariidae. Mangut Kepala Manyung is a special traditional north costal area of Java dish which not many people are able to make it 'right' nowadays.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Mangut Ikan Manyung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!