Sambel Terasi Kering.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Anda bisa mendapatkan Sambel Terasi Kering dengan menggunakan 10 bahan dan 5 langkah. Silahkan diperhatikan semua informasi penting dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Sambel Terasi Kering

  1. Siapkan 100 gr cabai kering.
  2. Perlu 15 gr bawang merah goreng.
  3. Perlu 10 gr bawang putih goreng.
  4. Perlu 2 butir kemiri.
  5. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  6. Ambil 1 sdm terasi.
  7. Perlu 1/2 sdt garam (sesuikan lagi).
  8. Siapkan 1 sdt gula pasir (sesuaikan lagi).
  9. Perlu 1/4 sdt kaldu jamur.
  10. Perlu 1 batang kecil serai.

Langkah Langkah Membuat Sambel Terasi Kering

  1. Potong-potong kecil cabai kering, iris tipis kemiri, iris tipis daun jeruk, hancurkan terasi..
  2. Sangrai semua bahan dengan api sangat kecil kurang lebih 3 menit sampai cabai lebih rapuh, terasi sudah wangi, kemiri dan daun jeruk sudah tersangrai. Matikan api dan dinginkan..
  3. Haluskan dengan blender kering semua bahan yg sudah disangrai bersama garam, gula dan kaldu bubuk. Setelah halus, masukkan bawang merah goreng.dan bawang putih goreng, blender lagi sampai bawang halus..
  4. Sangrai hasil blenderan dengan serai yg sudah dicabik-cabik dengan api sangat kecil sampai semua bahan lebih kering. Jangan sampai gosong karena cabai akan terasa pahit. Jika perlu nyalakan dan matikan api beberapa kali untuk mengatur suhu..
  5. Simpan di wadah kedap udara agar lebih awet. Tutup rapat setiap habis dibuka..

Demikian artikel membuat Sambel Terasi Kering, silahkan dilakukan ditempat anda dengan melihat semua bahan baku dan langkah langkah detail diatas. Jangan lupa dibookmark halaman ini jadi anda mampu dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya dapat selalu memperoleh update resep terbaru kalau kami. Selamat memasak!