Asem-Asem Bandeng (Jeruk Nipis). Asem-asem diolah diatas panci yang antilengket. Tujuannya agar ikan tidak hancur saat dibalik. Pakailah panci (stock pot) stainless steel dari DineMate (Lihat di Lazada DISKON).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Asem Asem Bandeng by Andheeta Wardhanim. Resep Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan – Ikan bandeng sudah sejak dulu dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan sajian lezat. Nah, kali ini kami akan membagikan sebuah resep yang datang dari Lamongan, Jawa Timur, dimana merupakan olahan asem-asem ikan bandeng yang sangat segar dan pas untuk makan siang Anda.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep asem-asem bandeng (jeruk nipis) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal asem-asem bandeng (jeruk nipis) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Asem-asem diolah diatas panci yang antilengket. Tujuannya agar ikan tidak hancur saat dibalik. Pakailah panci (stock pot) stainless steel dari DineMate (Lihat di Lazada DISKON).

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari asem-asem bandeng (jeruk nipis), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan asem-asem bandeng (jeruk nipis) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan asem-asem bandeng (jeruk nipis) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Asem-Asem Bandeng (Jeruk Nipis) menggunakan 21 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Asem-Asem Bandeng (Jeruk Nipis):

  1. Ambil 600 gram ikan bandeng, bersihkan sisik dan keluarkan jeroannya.
  2. Gunakan 700 ml air.
  3. Sediakan Sejempol lengkuas, geprek.
  4. Sediakan 1 lembar daun salam.
  5. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  6. Sediakan BUMBU HALUS:.
  7. Siapkan 8 butir bawang merah.
  8. Siapkan 4 siung bawang putih.
  9. Gunakan 5 buah cabe rawit.
  10. Ambil 1,5 buah jeruk nipis, buang bijinya.
  11. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  12. Gunakan 1/2 butir kemiri.
  13. Gunakan 2 cm jahe.
  14. Siapkan Sejempol kunyit.
  15. Sediakan Seujung jari jinten.
  16. Gunakan Secukupnya garam.
  17. Sediakan Secukupnya gula.
  18. Ambil BUMBU CEMPLUNG:.
  19. Gunakan 1,5 cabe hijau.
  20. Siapkan 5 buah cabe rawit.
  21. Gunakan 1 buah tomat, iris-iris.

Ikan bandeng yang sudah di potong potong diberi sedikit air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau lumpurnya. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Ikan bandeng yang sudah di potong potong diberi sedikit air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau lumpurnya. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya.

Langkah-langkah menyiapkan Asem-Asem Bandeng (Jeruk Nipis):

  1. Panaskan wajan, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Aduk-aduk hingga sedikit harum. Tanpa menggunakan minyak ya….
  2. Tambahkan air, tunggu mendidih. Kemudian masukkan bandeng..
  3. Masukkan garam dan gula. Tes rasa. Bila sudah pas, tunggu sampai ikannya matang. Jangan diaduk terlalu sering, sebab bandeng rawan hancur..
  4. Masukkan bumbu cemplung. Tunggu sampai mendidih..
  5. Sajikan..

Hidupkan dengan api sedang dan goreng bandeng setengah matang saja. Adalah asem-asem bandeng, hidangan dengan citarasa gurih dan asam yang menggoyang lidah. Asem-asem bandeng ini dimasak dengan cara menumis bandeng yang sebelumnya telah dilumuri jeruk nipis dan garam agar bau amisnya hilang. Ikan bandeng ditumis dengan menggunakan aneka bumbu dan bahan lainnya. Coba saja resep asem asem bandeng berikut ini, rasanya yang enak dan lezat dipadu dengan kuah yang segar, menjadikan masakan ini sangat nikmat disajikan untuk makan siang bersama keluarga di rumah.

Demikianlah artikel membuat Asem-Asem Bandeng (Jeruk Nipis), monggo dilakukan didapur anda dengan melihat semua bumbu dan petunjuk detail tersebut. Silahkan dibookmark website ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau berharap menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

Memasak adalah sama dengan bercinta. Kegembiraan hanya timbul pada suatu saat, dan sesudah itu hanya tinggal kenangan manis.