Mangut Khas Juwana. Berada di pesisir Pantura Jawa, Juwana dikenal akan hasil lautnya yang melimpah. Maka tak heran, kalau sajian kulinernya pun didominasi oleh ikan dan hidangan laut lainnya. Sebagian besar olahan laut tersebut diracik dengan berbagai bumbu dan rempah, menghasilkan sajian bercita rasa gurih, pedas, dan menggugah selera.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas. Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari Kecamatan Juwana. Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung.

Sedang mencari inspirasi resep mangut khas juwana yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut khas juwana yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut khas juwana, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut khas juwana yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berada di pesisir Pantura Jawa, Juwana dikenal akan hasil lautnya yang melimpah. Maka tak heran, kalau sajian kulinernya pun didominasi oleh ikan dan hidangan laut lainnya. Sebagian besar olahan laut tersebut diracik dengan berbagai bumbu dan rempah, menghasilkan sajian bercita rasa gurih, pedas, dan menggugah selera.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mangut khas juwana yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mangut Khas Juwana menggunakan 22 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Mangut Khas Juwana:

  1. Sediakan 1 Kepala Manyung.
  2. Ambil 5 Buah ikan asap manyung.
  3. Sediakan 3 Buah Tahu.
  4. Sediakan 750 ml santan kekentalan sedang.
  5. Ambil Pete (optional).
  6. Ambil Bumbu Halus.
  7. Ambil 4 siung bawang putih.
  8. Gunakan 8 siung bawang merah.
  9. Sediakan 2 buah kemiri.
  10. Gunakan 15 buah Cabe rawit setan (sesuai selera).
  11. Siapkan 1 ruas Kunyit.
  12. Sediakan 2 cm Kencur.
  13. Gunakan 1 sdt Ketumbar.
  14. Sediakan 1/2 sdt Jintan.
  15. Sediakan 2 cm Lengkuas.
  16. Gunakan 2 lembar daun Salam.
  17. Siapkan 1 batang Sereh.
  18. Gunakan 5 lembar Daun Jeruk.
  19. Sediakan secukupnya Garam.
  20. Gunakan secukupnya Gula pasir.
  21. Ambil Kaldu jamur (totole).
  22. Sediakan Minyak untuk menumis.

Mangut, diskripsi paling sederhananya adalah sebuah menu masakan seperti gulai dengan rasa pedas dengan nuansa khas Jawa Tengah. Adapaun tingkat kepedasannya mulai dari pedas hingga pedas sekali. Sajian kuliner ini bisa disebut sebagai salah satu kuliner andalan kota JUWANA. Lihat juga resep Bandeng Juwana, balut telur enak lainnya.

Cara membuat Mangut Khas Juwana:

  1. Kukus terlebih dahulu kepala manyung agar matang merata.
  2. Setelah semua bumbu dihaluskan, tumis bumbu halus dan salam,lengkuas, sereh, daun jeruk sampai matang dan harum.
  3. Masukkan santan tunggu sampai mendidih.
  4. Setelah santan mendidih masukan tahu kemudian ikan asap dan kepala manyung, masukan pete, gula garam dan kaldu jamur test rasa tunggu sampai mendidih lagi dan matikan kompor.

Mangut Kepala Manyung menjadi alternatif makanan khas semarang. Makanan ini sendiri terdiri dari kepala ikan manyung, daging ikan manyung, santan, cabe dan juga tomat. Nasi Ayam Semarang Masakan yang berciri khas pedas berkuah santan berwarna kuning dari kunyit sebagai salah satu bumbu khas mangut ini. Kepala ikan manyung yang dimasak biasanya adalah kepala ikan yang diasap jadi benar-benar khas banget baik aroma maupun rasa. Salah satunya, kuliner kepala manyung atau penduduk setempat menyebutnya Mangut Ndas Manyung.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut khas juwana yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!