Tumis cumi pedas lada hitam. Besarkan api kompor lalu siapkan minyak di atas wajan, tumis bumbu halus sampai harum. Setelah bumbu harum, masukkan cumi cumi. Tunggu sampai air dan tinta hitam dalam tubuh cumi cumi keluar.

Hal ini karena cumi miliki tekstur daging yang agak kenyal. Cumi juga memiliki banyak resep olahan yang pasti disukai. Bisa digoreng tepung atau di tumis biasa.
Anda bisa mendapatkan Tumis cumi pedas lada hitam menggunakan 9 bahan dan 5 langkah. Silahkan dibaca semua informasi dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Tumis cumi pedas lada hitam

  1. Ambil 300 gram cumi basah.
  2. Perlu 2 siung bawang merah.
  3. Ambil 1 sdm baceman bawang putih.
  4. Ambil 10 buah cabai rawit merah.
  5. Ambil 3 cm jahe.
  6. Perlu 1 btg daun bawang.
  7. Siapkan 3 sdm saus lada hitam.
  8. Siapkan 1/4 sdt garam.
  9. Ambil 1/2 sdt gula pasir.

Cumi juga bisa disajikan dengan bumbu lada hitam seperti ini. Bersihkan cumi, kantong tintanya jangan sampai pecah, buang plastiknya/tulang di punggungnya. Beri garam, gula, penyedap, aduk rata dan masak hingga. Cumi sering diolah dengan beragam cara, mulai dari saus asam manis, bahkan saus padang.

Instruksi Membuat Tumis cumi pedas lada hitam

  1. Cuci bersih cumi potong sesuai selera, jika tidak suka tintanya boleh di buang, sy hanya pakai beberapa saja biar g terlalu hitam.
  2. Panaskan wajan lalu masukkan 2 sdm baceman bawang putih beserta minyaknya tumis sebentar jangan gosong, kecilkan api lalu masukkan bumbu iris.
  3. Setelah layu lalu masukkan cumi yg sudah di potong sesuai selera.
  4. Tidak usah di tambahkan air lagi krn cuminya sudah berair, lalu masukkan garam saus dan gula pasir.
  5. Terakhir masukkan potongan daun bawang, lanjutkan menumis hingga matang. Memasak cumi tidak perlu waktu yg lama, sebaiknya 3-5 menit saja krn makin lama di masak cumi akan menjadi alot..

Tapi ada juga lho bagian cumi yang bisa dijadikan bahan saus. Rasanya juga tak kalah lezat dan gurih. Gunakan tinta cumi untuk membuat tumis cumi hitam atau cumi tinta hitam. Lihat juga resep Cumi Hitam Pedas enak lainnya. Warna hitam pada masakan yang satu ini merupakan warna alami yang terbuat dari bahan dasarnya yaitu cumi-cumi segar yang memang memiliki tinta hitam.

Demikianlah artikel memasak Tumis cumi pedas lada hitam, monggo dipraktekkan didapur anda dengan memperhatikan semua bumbu bumbu dan langkah detail tersebut. Silahkan dibookmark web ini jadi anda dapat dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, agar dapat selalu mendapatkan update resep terbaru kalau kami. Selamat memasak!