Cumi lada hitam. Lihat juga resep Cumi Saos Lada Hitam enak lainnya. Cumi juga memiliki banyak resep olahan yang pasti disukai. Bisa digoreng tepung atau di tumis biasa.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bagi pencinta hidangan seafood, masakan cumi sepertinya tidak pernah gagal menggugah selera. Bagi Okezoners yang masih bingung mau makan siang dengan apa, hidangan cumi bisa jadi pilihan. Hidangan seafood yang satu ini pastinya banyak, tapi kali ini Okezone merekomendasikan cumi hitam yang sedapnya.
Anda bisa memasak Cumi lada hitam menggunakan 10 bahan dan 7 langkah. Silahkan disimak semua informasi dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Cumi lada hitam

  1. Perlu 500 grm cumi.
  2. Siapkan 1/2 bawang bombai di iris-iris.
  3. Perlu 5 siung bawang merah di iris.
  4. Perlu 3 siung bawang putih di iris.
  5. Ambil 7 bh cabe rawit.
  6. Ambil 1 bks Saori lada hitam.
  7. Siapkan 1 sdt lada hitam bubuk.
  8. Ambil Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis.
  9. Ambil Secukupnya garam,gula, penyedap.
  10. Siapkan 150 ml air.

Jadi, hitam belum tentu tidak enak ya. Buktinya, cumi bumbu hitam ini memiliki cita rasa yang JUARA. Kalau tidak percaya, silahkan dicoba sendiri. Oke, bagi Anda yang sangat penasaran ingin mencoba cumi bumbu hitam sendiri, yuk langsung saja disimak resep lengkapnya berikut ini!

Langkah Langkah Membuat Cumi lada hitam

  1. Siangi dan bersihkan cumi,buang tinta dan tulangnya, lalu iris seperti di gambar jangan lupa marinasi dengan sedikit garam dan perasaan jeruk nipis.
  2. Setelah itu goreng cumi hingga setengah matang dan mengembang, lalu sisihkan.
  3. Siapkan semua bahan-bahan, panaskan pan dengan sedikit minyak lalu tumis bawang merah dan putih.
  4. Setelah itu, masukkan bawang bombai dan cabe rawit. Tumis hingga layu dan harum. Lalu masukkan 1bungkus saos Saori lada hitam.
  5. Masukkan juga lada hitam bubuk, lalu tambahkan secukupnya garam,gula,penyedap dan beri sedikit air.
  6. Setelah itu aduk-aduk hingga tercampur rata dan saos sedikit mengental, lalu masukkan cumi yang sudah di goreng tadi, aduk-aduk lagi hingga semuanya tercampur rata dan cumi menjadi matang. tutup sebentar ya, setelah itu aduk-aduk.
  7. Angkat lalu sajikan dengan nasi hangat..

Tunggu sampai air dan tinta hitam dalam tubuh cumi cumi keluar. Jika kuah alami yang keluar dari tubuh cumi cumi dirasa cukup, tidak perlu lagi menambah air. Jika dirasa kurang bisa ditambah dengan air sesuai selera. Sebelum kuah mendidih jangan lupa masukkan tomat, garam, gula dan merica bubuk. Warna hitam pada masakan yang satu ini merupakan warna alami yang terbuat dari bahan dasarnya yaitu cumi-cumi segar yang memang memiliki tinta hitam.

Demikianlah resep terbaik memasak Cumi lada hitam, ayo dipraktekkan ditempat anda dengan mengikuti semua bahan baku dan langkah detail tersebut. Jangan lupa dibookmark web ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya bisa selalu memperoleh update resep terbaru jikalau kami. Selamat memasak!