Opor Ayam.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam menggunakan 20 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Opor Ayam:

  1. Sediakan 5 buah paha ayam.
  2. Siapkan 5 buah ceker ayam.
  3. Siapkan 4 butir telur (rebus, kupas).
  4. Siapkan 🥥 bumbu halus :.
  5. Sediakan 8 siung bawang merah.
  6. Siapkan 4 siung bawang putih.
  7. Gunakan 2 butir kemiri.
  8. Siapkan 2 ruas kunyit ± 8cm.
  9. Ambil 1 ruas jahe ± 3cm.
  10. Siapkan 🥥 bahan lain :.
  11. Siapkan 2 sdt penyedap rasa.
  12. Gunakan 1/2 sdt gula.
  13. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk.
  14. Gunakan 1 batang serai.
  15. Ambil 1 ruas lengkuas ± 3cm.
  16. Sediakan 2 lembar daun salam.
  17. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  18. Ambil 800 ml santan cair (santan bubuk 20gr + air).
  19. Siapkan 200 ml santan (santan instan 65ml + air panas).
  20. Ambil 4 sdm minyak goreng (untuk menumis).

Cara menyiapkan Opor Ayam:

  1. Siapkan bahan.
  2. Didihkan air, rebus ayam ± 2mnt untuk menghilangkan kotoran. Angkat, sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, lengkuas, daun salam & daun jeruk. Lalu masukkan ceker ayam & paha ayam. Aduk, biarkan ± 2mnt.
  4. Masukkan santan cair, penyedap rasa, gula & lada, aduk rata cek rasa. Tutup, biarkan hingga air mendidih & bumbu meresap ± 15mnt.
  5. Masukkan telur & santan kental, aduk hingga tercampur rata. Masak sebentar hingga mendidih (sambil sesekali diaduk agar santan tdk pecah) angkat & sajikan.

Demikian cara membikin Opor Ayam, silahkan disajikan ditempat anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan step step detail diatas. Silahkan dibookmark web ini sehingga anda dapat dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Selamat memasak!. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Dengan hari baru datanglah kekuatan baru dan pemikiran baru.” -Eleanor Roosevelt-