Mangut kepala manyung khas juwana. Salah satunya, adalah mangut kepala manyung atau mangut ndas manyung. Sejatinya, hidangan ini merupakan semacam gulai bercita rasa pedas. Isiannya cuma satu: kepala ikan manyung berukuran jumbo.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Pasalnya, olahan masakan berbahan dasar Ndas Manyung (kepala ikan manyung) itu memiliki rasa sangat pedas. Mangut Ndas Manyung adalah masakan khas daerah Kabupaten Pati dari khas Kecamatan Juwana.

Lagi mencari inspirasi resep mangut kepala manyung khas juwana yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut kepala manyung khas juwana yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Salah satunya, adalah mangut kepala manyung atau mangut ndas manyung. Sejatinya, hidangan ini merupakan semacam gulai bercita rasa pedas. Isiannya cuma satu: kepala ikan manyung berukuran jumbo.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut kepala manyung khas juwana, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan mangut kepala manyung khas juwana yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut kepala manyung khas juwana yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Mangut kepala manyung khas juwana menggunakan 18 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut kepala manyung khas juwana:

  1. Siapkan 2 buah Kepala manyung uk sedang.
  2. Siapkan 1 buah Jeruk nipis.
  3. Sediakan 1 bungkus santan instan.
  4. Ambil 6 buah cabe rawit setan (iris).
  5. Gunakan Bumbu halus.
  6. Ambil 6 siung bawang merah.
  7. Sediakan 6 siung bawang putih.
  8. Gunakan 5 butir kemiri.
  9. Gunakan 1 ruas kunyit.
  10. Siapkan 4 buah cabe merah.
  11. Ambil 2 lbr daun jeruk.
  12. Sediakan 2 lbr daun salam.
  13. Gunakan 1 ruas lengkuas geprek.
  14. Gunakan Secukupnya gula merah.
  15. Siapkan Secukupnya garam.
  16. Ambil Secukupnya kaldu ayam.
  17. Siapkan Secukupnya air.
  18. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis.

Bagi yang gemar menyantap makanan pedas bisa mencoba Mangut Ndas Manyung. Lihat juga resep Mangut Kepala (Ndas) Ikan Manyung (asap) khas Jepara enak lainnya. MANGUT PEDES KEPALA MANYUNG ala JUWANA Mangut, diskripsi paling sederhananya adalah sebuah menu masakan seperti gulai dengan rasa pedas dengan nuansa khas Jawa Tengah. Adapaun tingkat kepedasannya mulai dari pedas hingga pedas sekali.

Cara membuat Mangut kepala manyung khas juwana:

  1. Cuci bersih kepala manyung, supaya tidak terlalu amis cuci dengan air panas yang telah di kucuri air jeruk nipis.
  2. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan air kemudian santan instan, aduk perlahan sampai mendidih, tes rasa.
  3. Kemudian masukkan kepala manyung aduk2 perlahan, masukkan irisan cabe rawit setan, tunggu sampai kepala manyung matanh atau terlihat sudah empuk.
  4. Angkat dan hidangkan, saya beri tambahan bawang goreng dan irisan tomat supaya lebih niqmat 😊.

Sajian kuliner ini bisa disebut sebagai salah satu kuliner andalan kota JUWANA. Gulai Kepala Ikan Manyung, Kuliner Andalan Pantura Juwana. Mangut Ndas Manyung dalam bahasa Indonesia berarti Mangut Kepala Manyung. Makanan ini merupakan kuliner andalan Juwana, Pati. Lihat juga resep Kepala manyung/mangut semarang enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut kepala manyung khas juwana yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!