Sikaporo "Kue Bugis". Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. The name is suggested to be related to Bugis ethnic group of South Sulawesi as their traditional delicacy, and it is originated from Makassar. Kue Bugis adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diadonin dengan santan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan Khas Bugis kue Bugis menjadi salah satu makanan yang dapat dinikmati saat Aneka jenis kue tradisional khas suku Bugis seperti : – Burongko – Biji nangka – sikaporo – katirisalla – nennu. Kue bugis,salah satu kue basah yang satu ini merupakan makanan tradisional indonesia yang legendaris. Resep Cara Membuat Kue Sikaporo Bugis Enak.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep sikaporo "kue bugis" yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sikaporo "kue bugis" yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sikaporo "kue bugis", mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sikaporo "kue bugis" yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. The name is suggested to be related to Bugis ethnic group of South Sulawesi as their traditional delicacy, and it is originated from Makassar. Kue Bugis adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diadonin dengan santan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sikaporo "kue bugis" sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sikaporo "Kue Bugis" memakai 7 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sikaporo "Kue Bugis":

  1. Gunakan 5 butir telur ayam fresh.
  2. Siapkan 5 sdm gula pasir.
  3. Gunakan 1 pcs santan kara 65 ml, dicampur dgn 100 ml air.
  4. Ambil 1 sdt vanili cair.
  5. Gunakan secukupnya Garam.
  6. Ambil 4 tetes pasta pandan.
  7. Sediakan 2 tetes pewarna kuning telur.

Banyak digunakan untuk membuat kue kering. Tepung ini lebih mudah dijumpai di daerah-daerah, seperti pasar Gede-Solo. Lapek bugis merupakan salah satu kue tradisional khas Sumatera Barat. Resep kue lapek bugis ini sebenarnya hampir sama dengan resep kue bugis ketan hitam, hanya saja dalam resep lapek bugis.

Cara menyiapkan Sikaporo "Kue Bugis":

  1. Panaskan kukusan..
  2. Ambil 2 wadah pisahkan putih telur dengan kuning telurnya..
  3. Pada wadah kuning telur, masukkan 2 setengah sdm gula pasir, stengah larutan santan, garam seujung sendok teh, pewarna kuning telur dan vanili kocok dengan kocokan telur sampai gula larut dan merata. Sisihkan..
  4. Ambil wadah putih telur, masukkan sisa gula pasir, sisa larutan santan, garam seujung sendok teh, dan pasta pandan. Kocok dengan menggunakan kocokan telur hingga gula larut dan merata..
  5. Setelah air kukusan mendidih, masukkan loyang bingka. Panaskan sebentar, kemudian masukkan adonan hijau. Kukus sekitar 15 menit hingga matang..
  6. Setelah adonan hijau matang, masukkan kembali adonan kuning telurnya, kukus kembali sampai benar2 matang sekitar 20 menit. Gunakan api sedang cenderung besar..
  7. Setelah matang adonan akan padat agak mengembang. Angkat, tunggu hangat dulu kemudian pindahkan ke piring saji. Hidangkan…
  8. Selamat mencoba..

Kue Bugis pasti yang belum pernah dengar kue ini tahunya kue ini berasal dari daerah makasar sehingga dikenal dengan nama kue bugis makasar. Kue Bugis, awalnya saya mengira ini kue khas masyarakat Bugis. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan atau daerah di mana suku bugis berasal, sesuai dengan namanya. Kue bugis merupakan kue tradisional yang bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia, seperti di jakarta, jawa, maupun suku padang. Kue yang menggunakan bahan utama ketan ini memang cukup.

Inilah resep mudah membikin Sikaporo "Kue Bugis", ayo dilakukan ditempat anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan petunjuk detail itu. Jangan lupa dibookmark web ini agar anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, agar selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hari kemarin, bagaimanapun baik buruknya telah berlalu. Sambut pagi ini dengan semangat dan harapan baru.”