Mangut tahu santan. KOMPAS.com – Mangut ikan merupakan salah satu olahan tradisional dari Jawa Tengah. Ikan yang diolah menjadi mangut bisa ikan air tawar dan ikan laut, salah satunya nila. Baca juga: Resep Mangut Lele Yogyakarta, Nikmati dengan Kemangi Nila dimasak kuah santan dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, lengkuas, dan belimbing wuluh.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ada ikan manyung, pari, tongkol/cakalang, sampai ikan hiu. Untuk ikan air tawar pun ada seperti ikan lais, ikan lele, ikan baung dan. Mangut merupakan makanan berkuah santan dengan bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasanya gurih pedas dan dengan aroma ikan asap yang khas.

Anda sedang mencari ide resep mangut tahu santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut tahu santan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

KOMPAS.com – Mangut ikan merupakan salah satu olahan tradisional dari Jawa Tengah. Ikan yang diolah menjadi mangut bisa ikan air tawar dan ikan laut, salah satunya nila. Baca juga: Resep Mangut Lele Yogyakarta, Nikmati dengan Kemangi Nila dimasak kuah santan dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, lengkuas, dan belimbing wuluh.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut tahu santan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan mangut tahu santan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut tahu santan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Mangut tahu santan menggunakan 18 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Mangut tahu santan:

  1. Sediakan 3 tusuk ikan manyung asap.
  2. Siapkan 6 buah tahu kres.
  3. Siapkan minyak untuk menumis.
  4. Gunakan Seruas laos geprek.
  5. Sediakan 1 lembar daun salam.
  6. Ambil 4 buah lombok setan utuh.
  7. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  8. Sediakan 1 batang serai geprek.
  9. Gunakan gula.
  10. Siapkan Garam.
  11. Siapkan 1 bungkus santan instan.
  12. Ambil 2 gelas air.
  13. Sediakan Bumbu halus:.
  14. Gunakan 5 siung bawang merah.
  15. Ambil 3 siung bawang putih.
  16. Siapkan 2 buah kemiri.
  17. Ambil 5 buah lombok merah.
  18. Sediakan Seruas kunyit.

Apabila kamu sedang mengunjungi kota-kota di pesisir utara, kamu dapat mencoba makanan tradisional ini. Merdeka.com – Sebagian masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan menu hidangan mangut. Biasanya, menu ini menyajikan ikan lele dengan kuah santan yang telah diolah dengan berbagai bumbu rempah. Hidangan ini merupakan salah satu kuliner tradisional khas Jawa yang memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.

Cara membuat Mangut tahu santan:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ikan manyung dan tahu, air 2 gelas belimbing (sesuai selera), laos, salam, daun jeruk, serai, lombok setan utuh, tunggu mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan santan, garam dan gula. Tunggu sampai kuah agak mengental. Koreksi rasa dan taburi bawang goreng lalu sajikan.

Tambahkan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah, masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa, apabila sudah pas, tambahkan tomat, masak sebentar, lalu angkat dan matikan kompor. Sajikan mangut ikan asap selagi hangat. Bagaimana, tidak terlalu sulit kan resep dan cara membuat mangut ikan asap ini. KOMPAS.com – Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut tahu santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!