Mangut Semarangan. Lihat juga resep Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang enak lainnya. Mangut ikan air tawar mungkin sudah sering kita jumpai, namun mangut welut menjadi makanan khas semarang tidak bisa kita jumpai di sembarang tempat. Rasa gurih belut dipadu dengan kuah mangut yang segar dan pedas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Mangut adalah ikan hasil laut yang diasapkan agar awet. Di Dapur Umum, masakan mangut semarangan dan botok telur asin menjadi andalan dan paling banyak dicari konsumen. Selain itu masih ada babat gongso, sambel jambal, dan kue moci.

Lagi mencari inspirasi resep mangut semarangan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut semarangan yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Mangut Kepala Manyung ala Bu Fat Semarang enak lainnya. Mangut ikan air tawar mungkin sudah sering kita jumpai, namun mangut welut menjadi makanan khas semarang tidak bisa kita jumpai di sembarang tempat. Rasa gurih belut dipadu dengan kuah mangut yang segar dan pedas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut semarangan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan mangut semarangan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mangut semarangan yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mangut Semarangan menggunakan 17 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Mangut Semarangan:

  1. Sediakan 5 buah ikan panggang ( manyung).
  2. Ambil 2 buah tahu putih dipotong kecil.
  3. Siapkan 2 bh tempe daun dipotong kecil.
  4. Sediakan 1 sachet santan ( saya pake kara).
  5. Gunakan 5 biji cabe hijau.
  6. Siapkan secukupnya garam.
  7. Siapkan secukupnya gula.
  8. Ambil penyedap ( boleh diskip).
  9. Siapkan 5 siung bawang putih.
  10. Siapkan 3 siung bawang merah.
  11. Gunakan bumbu pawon :.
  12. Ambil 1 lembar daun salam.
  13. Gunakan secuil lengkuas.
  14. Sediakan 1 batang sereh.
  15. Ambil secukupnya kunyit.
  16. Gunakan 1 batang kencur.
  17. Siapkan 4 lembar daun jeruk.

Mangut semarangan yang dimasak di dapur umum berbeda dengan mangut yang ada di kedai atau warung di Soloraya. Kuahnya kentel, aroma menyengat, dan rasanya maknyuus lantaran ikan asap atau mangutnya didatangkan dari. Resep Mangut Kepala Manyung Semarangan ala Bu Fat. Source : Aprilia Pertama kali saya masak daging asap.

Cara membuat Mangut Semarangan:

  1. goreng tempe, tahu, panggang hingga kecoklatan. tidak perlu sampai matang. tidak digoreng pun tak mengapa. kalo saya digoreng supaya tidak cepat hancur ketika dimasak..
  2. bumbu pawon disiapkan. 1 lbr daun salam secuil lengkuas 1 btg sere 4 lbr daun jeruk kunyit secukupnya 1 btg kencur potong miring cabe merah. bawang putih dan bawang merah..
  3. tumis semua bumbu, cabe dan bawang sampai harum. lalu masukkan tempe, tahu, panggang. tumis jadi satu. lalu tambahkan air secukupnya. tambahkan gula dan garam. campurkan santan kara. tunggu sampai kuah mengental. begitu sudah matang, angkat dan sajikan..

Udah gitu beli online kan, pas datang kepala manyung nya guedereeee banget 🤭🤣 speechless lah 🤭 mengolahnya gimana ini, pake panci gak muat dan emang harus pake dandang biasa dipake orang. Mangut Welut Warung Bu Nasima Semarang. Tempat makan enak di Semarang berikutnya adalah warung mangut welut bu Nasima yang menyediakan menu andalan berupa mangut welut. Tempat wisata kuliner Semarang yang berada di Jl. Seperti kota-kota besar lain di Indonesia, semarang juga punya kuliner khas yang tentunya lezat di lidah : Bandeng Presto Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan mangut semarangan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!