Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam. Lihat juga resep "OPOR AYAM" by:Bunda tha enak lainnya.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep opor ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam menggunakan 17 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor Ayam:

  1. Siapkan 1/2 Kg Ayam.
  2. Siapkan 4 Lembar Daun Salam.
  3. Ambil 1 Ruas Lengkuas.
  4. Gunakan 2 Batang Serai.
  5. Siapkan 9 Buah Cabai Rawit.
  6. Sediakan 5 Sisir Gula Jawa.
  7. Sediakan 1 Bungkus Santan Kara.
  8. Gunakan Secukupnya Air Matang.
  9. Siapkan Bumbu Halus.
  10. Ambil 4 Siung Bawang Putih.
  11. Gunakan 5 Siung Bawang Merah.
  12. Siapkan 1 Sdt Ketumbar.
  13. Ambil 3 Biji Kemiri.
  14. Ambil 1 Sdt Garam.
  15. Siapkan 1/2 Sdt Penyedap Rasa.
  16. Sediakan 2 Ruas Kunyit.
  17. Sediakan 2 Ruas Jahe.

Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam:

  1. Potong ayam lalu halup²i (direbus sebentar).
  2. Uleg lembut bumbu halus, untuk kunyit digoreng dulu agar tidak berasa mentah, lengkuas dan serai cukup di geprek.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi lalu beri air sedikit,tambahkan daun salam, cabai rawit dan gula jawa, lalu masukan ayam, tunggu sebentar agar bumbu meresap.
  4. Jika dirasa sudah meresap lalu tambahkan air agak banyak, tunggu hingga mendidih lalu masukan Santan, aduk terus agar santan tidak pecah.
  5. Cicipi rasa lalu hidangkan.

Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of the easiest Indonesian recipes you can try at home, and very delicious. Unlike many other Indonesian dishes, opor ayam is mild and chili free.

Demikianlah resep mudah membuat Opor Ayam, silahkan disajikan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan petunjuk detail itu. Ingat dibookmark website ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hari kemarin, bagaimanapun baik buruknya telah berlalu. Sambut pagi ini dengan semangat dan harapan baru.”