Koloke ayam (asam manis pedas ayam). Resep Ayam Koloke Saus Asam Manis – Ayam koloke yang punya julukan ayam kuluyuk merupakan salah satu masakan yang seringkali di temui di rumah makan atau tenda kaki lima yang menyajikan masakan khas cina. Sebutan ayam koloke yang juga makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet ini memang tidak setenar fuyunghai (fu yung hai), ifumie, kung pao chicken, kwetiauw, ayam mentega dan capcay. Koloke yang sudah digoreng tersebut kemudian disiram dengan saus asam manis dan disajikan bersama acar timun, tomat, wortel, kembang kol, dan nanas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi olahan ayam ala dapurumami yang yang rasanya asam manis dan pedas dan uniknya lagi daging ayamnya di balut tepung terigu, sepertinya kita tidak. Lihat juga resep Ayam Kecap Pedas Manis enak lainnya. Cara Membuat Koloke Ayam Asam Manis Lezat – Koloke merupakan makanan yang asalnya dari Cina.

Sedang mencari inspirasi resep koloke ayam (asam manis pedas ayam) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal koloke ayam (asam manis pedas ayam) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ayam Koloke Saus Asam Manis – Ayam koloke yang punya julukan ayam kuluyuk merupakan salah satu masakan yang seringkali di temui di rumah makan atau tenda kaki lima yang menyajikan masakan khas cina. Sebutan ayam koloke yang juga makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet ini memang tidak setenar fuyunghai (fu yung hai), ifumie, kung pao chicken, kwetiauw, ayam mentega dan capcay. Koloke yang sudah digoreng tersebut kemudian disiram dengan saus asam manis dan disajikan bersama acar timun, tomat, wortel, kembang kol, dan nanas.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari koloke ayam (asam manis pedas ayam), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan koloke ayam (asam manis pedas ayam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat koloke ayam (asam manis pedas ayam) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Koloke ayam (asam manis pedas ayam) memakai 18 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Koloke ayam (asam manis pedas ayam):

  1. Siapkan 250 gram dada ayam.
  2. Siapkan Bumbu ayam kriuk:.
  3. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  4. Ambil 1 siung bawang putih halus.
  5. Gunakan 1/2 sdt garam.
  6. Siapkan 2 sdt tepung terigu.
  7. Ambil 1 butir telur.
  8. Ambil Bumbu Saus:.
  9. Siapkan 4 siung bawang putih cincang halus.
  10. Ambil 4 siung bawang merah geprak kasar.
  11. Sediakan 1 buah cabe merah besar.
  12. Ambil 4 buah cabe rawit iris tipis.
  13. Ambil 1 buah nanas kecil potong potong.
  14. Gunakan 5 sdm saus tomat.
  15. Gunakan 1 sdm saus tiram.
  16. Sediakan 1 sdm cuka yang diencerkan dengan 4 sdm air.
  17. Gunakan Gula.
  18. Siapkan Garam.

Lihat juga resep Ayam Asam Manis (Ala Korea) enak lainnya. Koloke merupakan makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet. Koloke memang tidak setenar fuyunghai dan capcay. Tetapi, hidangan ini memiliki rasa yang tidak kalah lezat dari keduanya.

Langkah-langkah menyiapkan Koloke ayam (asam manis pedas ayam):

  1. Kocok telur, bawang putih, lada bubuk, garam hingga tercampu rata..
  2. Masukkan tepung terigu sampai konsistensi adonan kental..
  3. Masukkan ayam yang sudah dipotong potong ke dalam adonan. Kemudian goreng ayam hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan..
  4. Siapkan bumbu bumbu untuk saus. Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah disiapkan. Tumis hingga harum. Kemudian masukkan potongan cabe merah dan rawit. Tumis sebentar dan tambahkan air kurleb 150ml..
  5. Masukkan saus tomat secukupnya, kemudian tambahkan juga saus tiram, gula, dan garam. Tunggu hingga mendidih..
  6. Masukkan cuka yang sudah di encerkan dan potongan nanas. Aduk sebentar dan koreksi rasa. Jika rasa sudah oke, tambahkan cairan maizena agar saus mengental..
  7. Jika saus sudah mengental dan mendidih, masukkan ayam goreng tepung yang telah disiapkan. Aduk sebentar dan angkat. Koloke siap disajikan..

Setelah dilumuri tepung dan digoreng, ayam disiram dengan saus asam manis. Jadi, ada perpaduan rasa gurih, asam, dan manis. ayam asam manis ayam asam manis nanas ayam asam manis pedas ayam asam manis resep ayam asam manis kokiku ayam asam manis saori ayam asam manis sederhana ayam asam manis mudah Cara Membuat Koloke. Resep Koloke Ayam Asam Manis – Koloke adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari negeri China, atau biasa dikenal dengan istilah chinese food. Di negara asalnya, koloke memiliki nama asli Gou Lao Rou, namun masyarakat Indonesia biasa menyebutnya dengan nama koloke, keluyuk atau kuluyuk. Lihat juga resep Ayam asam manis/koloke enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Koloke ayam (asam manis pedas ayam) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!