Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu. Jajanan nusantara kue tradisional khas Manado ini dikenal luas dengan sebutan kue lampu-lampu. Kue basah berbahan tepung beras ini cukup unik, selain bercita rasa manis gula Kue berbentuk seperti perahu ini juga mirip kue yang dikenal dengan sebutan kue tetu yang populer di Mandar. resep kue tetu (kue perahu) khas palu selteng. Kue perahu atau biasa disebut padamaran menjadi salah satu penganan tradisional Jambi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pemerintah Kota Manado memberi lampu hijau untuk membuka kembali pusat belanja modern dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Wali Kota Manado, Vicky Lumentut menegaskan, pada prinsipnya Pemkot Manado siap mengijinkan pembukaan kembali pusat belanja modern, asalkan. Kue tetu sangat populer sebagai kudapan takjil saat bulan Ramadhan.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Jajanan nusantara kue tradisional khas Manado ini dikenal luas dengan sebutan kue lampu-lampu. Kue basah berbahan tepung beras ini cukup unik, selain bercita rasa manis gula Kue berbentuk seperti perahu ini juga mirip kue yang dikenal dengan sebutan kue tetu yang populer di Mandar. resep kue tetu (kue perahu) khas palu selteng. Kue perahu atau biasa disebut padamaran menjadi salah satu penganan tradisional Jambi.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue tetu/lampu-lampu manado/kue perahu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu:

  1. Gunakan secukupnya Daun Pandan Besar.
  2. Sediakan 1 cup atau 200 gram tepung terigu.
  3. Gunakan 2 sdm tepung beras.
  4. Ambil 3 cup santan kekentalan sedang.
  5. Sediakan 1 sdt garam.
  6. Siapkan Secukupnya Gula merah (bisa diganti dengan gula pasir).
  7. Gunakan Note : "1 cup = 240 ml".

Tak hanya di Palu, kue ini juga ada di Gorontalo (popaco) dan Manado (kue Panada terkenal di Manado dan sekitarnya. Kudapan ini terinspirasi dari bangsa Spanyol dan Portugis yang sempat bertandang ke pulau Sulawesi beratus. Memiliki nama yang unik, kue lampu lampu ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Terbuat dari tepung terigu, gula dan santan yang kemudian dibungkus dengan daun pandan menjadi salah satu kue terlaris pada saat bulan puasa.

Cara menyiapkan Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu:

  1. Siapkan daun Pandan, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda..
  2. Lipat kedua ujung daun lalu ujung daun dirobek menjadi 3 bagian. Lipat dan sambungkan (pertemukan) kedua ujung robekan ke tengah lalu klip/hekter.
  3. Siapkan gula merah. Sisir atau parut gula merah dan masukkan ke dalam perahu Pandan. Jangan terlalu banyak jika tidak terlalu suka manis..
  4. Campurkan terigu, garam, santan, dan tepung beras. Aduk hingga tercampur rata dan tak ada gumpalan. Saring adonan..
  5. Panaskan kukusan sampai air mendidih. Masukkan perahu Pandan yang telah diberi gula merah ke dalam kukusan dan tuang adonan ke dalam perahu Pandan..
  6. Kukus dengan api kecil, bungkus tutup kukusan dengan kain bersih. Kukus ±7-10 menit lalu angkat dan tiriskan..
  7. Kue tetu gula merah siap di sajikan. Jika suka dingin, tunggu hingga uap panas hilang lalu masukkan ke dalam kulkas..
  8. Selamat Mencoba…

Nah, berhubung bulan puasa masih lama, GULAKU menyajikan resep. Riris benar benar menikmatinya, maka setelah melihat lampu hijau seperti itu, kedua tanganku sudah berada pada dua buah dada ranumnya. Oh alangkah nikmatnya tanganku bermain disana, meremas remas sambil kupelintir kedua puting susunya dengan ibu jari dan telunjukku. Kue lampu-lampu, kue manis yang satu ini cukup sederhana untuk diolah, terlebih untuk menjadi camilan disore hari. Kali ini chef Kapau dan Ichun hadir untuk berbagi resep dan kiat dalam mengolah kue lampu-lampu olahan Masak.

Demikianlah cara membuat Kue tetu/lampu-lampu Manado/kue perahu, silahkan dipraktekkan dirumah anda dengan melihat semua bumbu dan langkah langkah detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark halaman ini agar anda dapat dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau berharap menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep termudah dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Happy working! Semangat terus kerjanya! Semoga pekerjaanmu dilancarkan, diberi rejeki yang melimpah dan berkah. Keep spirit!”