Ayam Krispi Geprek Sambal Bawang. Ayam geprek krispy sambel mata,perpaduan dari ayam krispy ala KFC dan sambel bawang membuat sensasi yang unik. Tepung yang krispy garing diluar ayam yang. Untuk sambal ayam geprek sebenarnya tidak harus menggunakan olahan sambal yang saya Baca Juga : Resep Ayam Geprek Wong Klaten (Ayam Goreng Tepung Sambal Bawang).

Udah gitu aja, gampangkan cara buat ayam geprek krispy sambal bawang. Sambal untuk ayam geprek itu sendiri beragam, mulai dari sambal goang, sambal bawang, sambal kencur, sambal korek dan lain sebagainya. Apabila ayam sudah matang, silahkan tiriskan.
Anda bisa memasak Ayam Krispi Geprek Sambal Bawang menggunakan 20 bahan dan 7 langkah. Silahkan disimak detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Ayam Krispi Geprek Sambal Bawang

  1. Ambil 1/2 kg Sayap Ayam.
  2. Perlu 2 siung Bawang Putih.
  3. Ambil 1/4 sdt Merica bubuk.
  4. Perlu 1/4 sdt Jahe bubuk.
  5. Siapkan 1/4 sdt Garam.
  6. Ambil Bumbu krispi:.
  7. Siapkan 2 cup Tepung Beras.
  8. Ambil 1 cup Tepung Terigu Serbaguna.
  9. Siapkan 1/4 sdt Merica bubuk.
  10. Siapkan 1/2 sdt Garam.
  11. Ambil 1/2 sdt Kaldu Jamur.
  12. Siapkan Bahan pencelup:.
  13. Siapkan 1 butir Telur Ayam.
  14. Siapkan Sejumput Garam.
  15. Ambil Bumbu Sambal Bawang:.
  16. Ambil 4 buah Cabe Rawit Domba.
  17. Siapkan 10 buah Cabe Rawit Hijau.
  18. Siapkan 2 buah Bawang Putih.
  19. Siapkan 1/4 sdt Gula dan ¼ sdt Garam.
  20. Siapkan Minyak Panas.

Siapkan ulekan dan masukan bahan sambal seperti bawang putih. Ciri khas sajian ayam geprek ala Jogja yaitu menggunakan ayam goreng balut tepung krispi ketimbang ayam goreng biasa. Sambal gepreknya merupakan sambal mentah dari campuran cabai rawit, bawang putih, dan terasi yang disesuaikan selera. Ayam Geprek adalah salah satu variasi resep masakan ayam goreng tepung yang di geprek dan disajikan bersama sambal bawang.

Langkah Langkah Membuat Ayam Krispi Geprek Sambal Bawang

  1. Langkah pertama bikin ayam krispinya dulu. Bersihkan sayap ayam dan potong dua bagian. Lumuri dgn bawang putih ulek, jahe bubuk (jahe asli diulek lbh bagus), merica, dan garam. Aduk dan sisihkan. Masukkan kulkas sekitar 15menit atau semalaman jg boleh..
  2. Siapkan bahan ayam krispinya. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dgn perbandingan 2:1, tambahkan garam, merica, dan kaldu jamur. Aduk rata. Sisihkan. Dan kocok telur (boleh ditambah garam lagi sejumput)..
  3. Langkah selanjutnya, balurkan tipis² sayap ayam ke dalam terigu, lalu celupkan ke kocokan telur..
  4. Kemudian balurkan dan remas² ke terigu lagi. Lakukan sampai semua sayap habis. Sisihkan. (Sambil melakukan ini sambil memanaskan minyak yg banyak/sampai kira² sayap tenggelam di wajan). Ketika minyak sudah panas, kecilkan sedikit api, lalu goreng (saya goreng semuanya setengah matang, untuk stok di freezer. Ketika mau dikonsumsi tinggal digoreng lagi hingga golden brown)..
  5. Nah krn makannya cmn berdua, jadi sekali makan cmn goreng 4 potong sayap. Sebelum mau digoreng, keluarkan dulu sayap setengah matangnya dari freezer, tunggu sebentar baru digoreng hingga golden brown..
  6. Sekarang ulek sambal bawangnya (sesuai selera ya mau kasar atau halus), setelah itu guyur dgn minyak panas bekas goreng sayap ayam tadi..
  7. Saatnya menyajikan.. Taruh sayap krispi lalu geprek beserta sambal bawangnya. Ga lupa sayuran/lalap sayurnya juga yaa.. Maaf yg kefoto cmn kol gorengnya aja *rikwes paksuami (kedoyanan doi sayuran digoreng😂 jangan keseringan ditiru, tidak baik😁 *tapi enak).

Masukan tepung instan, lada dan garam dalam piring datar dan aduk sampai rata agar ayam menjadi krispi. Lapisi ayam dengan bumbu tepung yang basah, lalu. Pada dasarnya, ayam geprek terdiri dari perpaduan ayam goreng krispi yang ditumbuk bersama sambal. Sebelum mengolahnya menjadi berbagai bentuk, ketahui dulu resep dasar membuat ayam yang renyah dan garing berikut ini. Bahan-bahan Kini sajian ayam geprek sambal bawang telah selesai, Anda dapat menyajikannya diatas piring saji.