Jengkol Empuk Sambel Geprek. Dalam video Kali ini aku makan ASMR AYAM GEPREK SAMBEL PETE JENGKOL @sambelpapauban Lihat juga resep Ayam Goreng Sambel Geprek enak lainnya. Resep semur jengkol pedas, terbayang nikmatnya saat disantap bersama nasi hangat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pilih jengkol yang cukup tua, lalu rendam jengkol dalam air kapur sirih semalaman. Geprek jengkol terlebih dahulu sebelum diolah, supaya bumbu lebih cepat meresap saat dimasak. Jengkol siap dimasak dengan berbagai bumbu favorit.
Anda bisa mendapatkan Jengkol Empuk Sambel Geprek dengan menggunakan 10 bahan dan 4 langkah. Silahkan diperhatikan semua informasi detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Jengkol Empuk Sambel Geprek

  1. Siapkan 1/2 kg jengkol.
  2. Ambil 15 biji cabe rawit merah.
  3. Ambil 5 siung bawang merah.
  4. Ambil 2 siung bawang putih.
  5. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  6. Ambil Secukupnya garam.
  7. Perlu 2 lembar daun jeruk.
  8. Ambil 5 lembar daun salam.
  9. Perlu 1/2 ons teri nasi.
  10. Siapkan 2 biji kemiri.

Ingin membuat jengkol empuk dan bumbunya meresap? Hasilnya pasti nikmat dan bikin ketagihan. Nah, jengkol yang tua akan makin legit setelah digeprek. Menggeprek jengkol bisa dilakukan di atas cobek.

Langkah Langkah Membuat Jengkol Empuk Sambel Geprek

  1. Potong dan cuci bersih jengkol. Rebus 10 menit dg daun 2 lembar daun salam & 1 lembar daun jeruk. Buang air rebusan. Rebus kembali jengkol 5 menit dg 2 lembar daun salam & garam.Tiriskan. Goreng selayang jengkol. Geprek jengkol..
  2. Cuci bersih teri nasi. Tiriskan & Goreng garing teri nasi dg api sedang..
  3. Panaskan minyak. Goreng cabe,bawang, dan kemiri saat minyak benar" panas. Aduk sebentar. Matikan api kompor. Tiriskan cabe. Diamkan sebentar. Setelah dingin giling kasar cabe. Tumis cabe hingga wangi. Tambahkan 1 lembar daun salam & 1 lembar daun jeruk. Masukkan gula & garam. Tes rasa..
  4. Setelah cabe dingin, campurkan teri nasi & jengkol. Aduk rata dalam kuali (api kompor tidak menyala). Supaya teri nasi tetap garing ya..

Geprek secukupnya sampai jengkol agak memar dan merekah. Merdeka.com – Jengkol termasuk bahan makanan yang membutuhkan keahlian lebih untuk mengolahnya. Jika dimasak dengan benar Salah satu olahan jengkol yang paling populer adalah semur. Makanan yang satu ini katanya berasal dari Betawi, tetapi juga populer di daerah-daerah lain. Goreng jengkol sampai kulitnya terkelupas, angkat dan tiriskan.

Demikian artikel memasak Jengkol Empuk Sambel Geprek, mari dipraktekkan didapur anda dengan mengikuti semua bumbu bumbu dan step step detail tersebut. Jangan lupa dibookmark halaman ini agar anda bisa dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, agar dapat selalu mendapatkan update resep terbaru jikalau kami. Happy Cooking