Empal khas cirebon (soto daging). Empal gentong adalah olahan daging sapi menyerupai gulai. Uniknya, kuliner ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. CIREBON, KOMPAS.com – Empal gentong jadi salah satu santapan khas yang wajib dicoba saat ke Cirebon.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Seperti namanya, Empal Gentong dibuat dari daging sapi yang. Empal gentong juga biasa disebut sebagai soto karena memang bentuknya yang seperti soto. Soto ini akan kami buat dengan menggunakan bahan dasar daging sapi, jeroan dan babat sebagai isinya.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep empal khas cirebon (soto daging) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal empal khas cirebon (soto daging) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Empal gentong adalah olahan daging sapi menyerupai gulai. Uniknya, kuliner ini dimasak menggunakan gentong besar yang terbuat dari tanah liat. CIREBON, KOMPAS.com – Empal gentong jadi salah satu santapan khas yang wajib dicoba saat ke Cirebon.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal khas cirebon (soto daging), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan empal khas cirebon (soto daging) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat empal khas cirebon (soto daging) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Empal khas cirebon (soto daging) menggunakan 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Empal khas cirebon (soto daging):

  1. Sediakan 1/4 daging.
  2. Ambil Tauge / kecambah.
  3. Ambil Irisan daun bawang dan tomat.
  4. Ambil Bawang goreng.
  5. Siapkan Krupuk udang.
  6. Siapkan Santan.
  7. Sediakan Bumbu halus :.
  8. Ambil 4 Bawang merah.
  9. Ambil 3 Bawang putih.
  10. Ambil 3 Kemiri.
  11. Gunakan Ketumbar bubuk.
  12. Sediakan Seruas kunyit bakar.
  13. Ambil Seruas jahe bakar.
  14. Siapkan Bumbu dapur/rempah:.
  15. Ambil 2 lembar Daun salam dan jeruk.
  16. Ambil Sereh.
  17. Sediakan Kapulaga.
  18. Siapkan Pala.
  19. Siapkan Bunga lawang.
  20. Ambil Kayu manis.

Empal gentong biasanya dimakan dengan lontong atau bisa juga dengan nasi putih. Resep Soto Ayam Kuah Kuning Khas Cirebon. Ini adalah resep soto ayam kuah kuning yang merupakan masakan khas Cirebon yang memiliki ciri khas tersendiri dengan rasa yang enak dan gurih. Kota Cirebon, Jawa Barat memiliki kuliner khas yang cukup terkenal yaitu empal gentong.

Langkah-langkah membuat Empal khas cirebon (soto daging):

  1. Haluskan bumbu menggunakan blender/d ulekk.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus beserta bumbu dapur/rempah sampai harum.
  3. Beri air secukupnya tunggu sampai didih..lalu masukan santan aduk rata tunggu sampai didih.
  4. Masukan daging, sambil beri garam gula dan penyedap…
  5. Tunggu selama 15 menit dgn panci yang tertutup…
  6. Setelah 15 menit matikan kompor selama 5-7 menit masih dgn panci tertutup..lalu nyalakan lg selama 10 menit sambil tes rasa.
  7. Soto siap di hidangkan.

Jika biasanya empal di daerah lain dimasak dengan digoreng, berbeda dengan empal gentong yang dimasak dengan kuah. Kuliner berkuah ini dibuat dari daging dan jeroan sapi yang dimasak. Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon. Kuahnya berwarna kekuningan serta menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Cita rasanya gurih, sementara tekstur kuahnya kental karena menggunakan santan.

Inilah resep mudah membikin Empal khas cirebon (soto daging), silahkan disajikan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan petunjuk detail diatas. Ingat dibookmark web ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Lupakan apa yang tidak dapat kamu capai kemarin dan pikirkan hal-hal indah yang kamu miliki hari ini.”