Koloke(ayam tepung asam manis). Ketika masuk ke Indonesia yang mayoritas muslim, daging babi tersebut diubah dengan daging ayam. Daging ayam tersebut dipotong kecil-kecil, dilumuri tepung, lalu digoreng. Koloke yang sudah digoreng tersebut kemudian disiram dengan saus asam manis dan disajikan bersama acar timun, tomat, wortel, kembang kol, dan nanas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sebutan ayam koloke yang juga makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet ini memang tidak setenar fuyunghai (fu yung hai), ifumie, kung pao chicken, kwetiauw, ayam mentega dan capcay. Koloke merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari China. Resep Koloke dari Dapur Kobe ini dijamin rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia.

Anda sedang mencari inspirasi resep koloke(ayam tepung asam manis) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal koloke(ayam tepung asam manis) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ketika masuk ke Indonesia yang mayoritas muslim, daging babi tersebut diubah dengan daging ayam. Daging ayam tersebut dipotong kecil-kecil, dilumuri tepung, lalu digoreng. Koloke yang sudah digoreng tersebut kemudian disiram dengan saus asam manis dan disajikan bersama acar timun, tomat, wortel, kembang kol, dan nanas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari koloke(ayam tepung asam manis), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan koloke(ayam tepung asam manis) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan koloke(ayam tepung asam manis) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Koloke(ayam tepung asam manis) memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Koloke(ayam tepung asam manis):

  1. Siapkan 1/2 kg fillet ayam.
  2. Ambil 1 sdt oregano(bisa skip).
  3. Gunakan 1 sdt garam.
  4. Gunakan 1/2 sdt gula pasir.
  5. Siapkan 3 sdm maizena.
  6. Ambil 6 sdm terigu serbaguna.
  7. Sediakan 3 siung b.putih cincang.
  8. Gunakan 1/2 sdt merica.
  9. Gunakan Bumbu saos.
  10. Gunakan 6 siung b.putih cincang.
  11. Siapkan 1 buah bawang bombay iris.
  12. Ambil 1 buah tomat potong 6.
  13. Sediakan 1 batang b.daun iris serong.
  14. Sediakan 2 sdm saos pedas.
  15. Gunakan 2 sdm saos tomat.
  16. Ambil 1 sdt saos tiram.
  17. Siapkan 1/2 sdt garam.
  18. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  19. Siapkan Seujung sdt merica bubuk.
  20. Ambil 1 ltr kaldu ayam.
  21. Ambil 2 sdm tapioka campur sedikit air.

Bahan utamanya menggunakan fillet ayam dan digoreng menggunakan Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy dan disiram dengan saus asam manis. Perpaduan dari ayam goreng tepung yang gurih sangat nikmat disajikan bersama saus asam manis. Umumnya saus asam manis tersebut berisi potongan bawang bombay, wortel, brokoli dan juga buah nanas. Camilan Yang Wajib Dicoba : Resep Kue Tape.

Langkah-langkah membuat Koloke(ayam tepung asam manis):

  1. Cuci bersih ayam..lalu iris tipis2. Tambahkan semua bumbu ayam kecuali tepung maizena n terigu. Diamkan 15mnt.
  2. S3lagi menunggu ayam, kita buat saos nya. Tumis b.bombay n b.putih hingga harum n sedikit kecoklatan. Tambahkan bumbu lainnya, masak sebentar lalu tuang air kaldu. Masak hingga mendidih dan airnya berkurang sedikit. Koreksi rasa….kalau kurang manis bisa ditambah gula lagi.Terakhir tuang tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga kekentalan yg diinginkan..
  3. Kalau sudah pas….dan rasanya sudah enak. Sisihkan.
  4. Campur maizena dan terigu….lalu masukkan ayam sedikit demi sedikit..balur ayam pada tepung hingga semua ayam terbalur tepung. Cubit2 sedikit agar tepung pada ayam bergerindil.
  5. Panaskan kinyak. Masak ayam dengan api sedang, hingga kecoklatan dan tiriskan..
  6. Tuang saos asam manis diatas ayam..siap disajikan..

Cara Membuat Koloke Ayam Asam Manis Lezat – Koloke merupakan makanan yang asalnya dari Cina. Makanan ini sudah tersebar luas di beberapa daerah di Indonesia karena mampu menawarkan rasa yang begitu nikmat dan pas juga dengan lidah kita. Koloke merupakan makanan khas oriental berbahan dasar ayam filet. Koloke memang tidak setenar fuyunghai dan capcay. Tetapi, hidangan ini memiliki rasa yang tidak kalah lezat dari keduanya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat koloke(ayam tepung asam manis) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!