Mangut Lele Kemangi. KOMPAS.com – Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ada banyak hal yang bisa kita bahas soal mangut lele. Ada Resep mangut lele, resep man. Mangut Lele Kemangi oleh : Retno Seniawati Masakan yang satu ini memang cocok jika disantap sambil lesehan dengan nasi hangat, Mangut Lele Kemangi, memasaknya menggunakan Easy Melt Prochiz yang enak bingitz jadi bikin nagih.

Sedang mencari inspirasi resep mangut lele kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal mangut lele kemangi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut lele kemangi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan mangut lele kemangi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

KOMPAS.com – Mangut lele, makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Baca juga: Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele goreng dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, sayuran yang ditambahkan berupa kemangi yang yang juga bisa menambah aroma pada masakan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mangut lele kemangi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Mangut Lele Kemangi memakai 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mangut Lele Kemangi:

  1. Ambil 8 lele (goreng 1/2 matang).
  2. Siapkan 8 bawang merah.
  3. Sediakan 4 bawang putih.
  4. Sediakan 15 cabe rawit.
  5. Gunakan 1 santan kara.
  6. Sediakan 2 ruas kencur.
  7. Siapkan 2 ruas kunyit.
  8. Ambil 1 kemiri.
  9. Siapkan 1/2 tomat kecil.
  10. Ambil 1 ikat kemangi.
  11. Siapkan laos secukupnya geprek.
  12. Siapkan 2 daun jeruk.
  13. Sediakan 3 daun salam.
  14. Ambil secukupnya garam.
  15. Gunakan secukupnya penyedap.

Masakan lele mangut kemangi adalah makan lezat dengan bahan dasar ikan lele yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan. Ciri khas dari resep lele mangut kemangi adalah daun kemangi yang digunakan sebagai rempah-rempah dalam membuat lele mangut kemangi. Bahan-bahan yang di perlukanpun mudah untuk di dapat dan proses pembuatan-nya cukup sederhana. Sajian mangut ikan lele bersama daun kemangi merupakan sajian yang istimewa.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Lele Kemangi:

  1. Rebus bawang2 an, cabe, kemiri dan kunyit. Lalu haluskan bersamaan dengan kencur.
  2. Tumis bumbu sebentar masukkan daun salam, daun jeruk dan laos, masukkan jg santan, aduk2 lalu tambahkan lele yg sudah di goreng 1/2 matang.
  3. Beri garam dan penyedap rasa, aduk dan koreksi rasa. Setelah hampir matang, beri kemangi dan irisan tomat biarkan sampai layu.
  4. Siap disajikan.

Ikan lele digoreng saja sudah lezat. Tekstur lembut dengan rasanya yang gurih makin menonjol. Sajian ikan yang begitu gurih yang dipadu dengan bumbu dan rempah yang sedap, membuat rasanya semakin lezat dan special. Kalo di rumah mama se ini udh sering banget dimasak tapi biasanya se mama di bakar biar aromanya lbh keluar tp krn aq gak punya alat pembakaran jd nya di goreng hehe & baru kali ini aq masakin buat se suam gak tau nya dia suka banget ๐Ÿ˜€ Mangut Lele Kemangi. Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mangut lele kemangi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!