Empal Daging Gepuk. Salah satu hidangan Nusantara berbahan dasar daging adalah empal gepuk. Kata gepuk sendiri berasal dari cara pembuatannya. Jadi, sebelum dibumbui dan diungkep, daging digepuk.

Cara membuat masakan daging sapi gepuk ini cukup mudah. Gepuk daging sapi, atau biasa disebut dengan empal, merupakan makanan yang cukup terkenal di daerah Jawa Barat dan menjadi salah satu menu wajib yang disajikan di restoran-restoran Sunda. Menurut saya, empal gepuk merupakan masakan Nusantara berbahan daging sapi yang disukai banyak orang setelah rendang.
Anda bisa mendapatkan Empal Daging Gepuk dengan menggunakan 14 bahan dan 5 langkah. Monggo silahkan disimak segala informasi detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Empal Daging Gepuk

  1. Siapkan 1/2 kg daging sapi, bersihkan.
  2. Ambil 1 liter air.
  3. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek.
  4. Perlu 2 lbr daun salam.
  5. Perlu 100 ml santan kental.
  6. Perlu secukupnya Minyak goreng.
  7. Ambil secukupnya Garam.
  8. Perlu secukupnya Kaldu bubuk.
  9. Siapkan Bumbu Halus :.
  10. Siapkan 5 siung bawang putih.
  11. Ambil 2 sdt ketumbar.
  12. Ambil 1/2 sdt jintan.
  13. Perlu 1 sdt asam jawa.
  14. Ambil 3 sdm gula merah yang sudah disisir.

Lalu kenapa sih disebut empal gepuk daging sapi? Siapa yang tidak mengenal empal gepuk? Empal Daging atau disebut Gepuk Sunda di daerah Jawa Barat adalah lauk daging goreng yang dibumbui dan dimasak dengan teknik tertentu, salah satu masakan favorit saya sejak kecil. Resep gepuk atau empal gepuk merupakan cara membuat empal daging sapi goreng empuk yang Resep Daging Gepuk Super Enak, Bumbunya Meresap Banget!

Langkah Langkah Membuat Empal Daging Gepuk

  1. Panaskan panci, masukkan daging dan air secukupnya, tambahkan garam. Masukkan lengkuas dan daun salam, rebus daging hingga berubah warna, angkat, tiriskan.
  2. Potong daging memanjang sesuai serat, pukul-pukul potongan daging hingga memar, sisihkan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus, campurkan dengan santan kental, tuang ke atas daging, tambahkan juga sisa air kaldu rebusan daging.
  4. Masukkan semua bahan ke dalam wajan, masak dengan api kecil, tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya, tes rasa, ungkep sambil sesekali diaduk sampai mengering, angkat.
  5. Panaskan minyak goreng, masukkan daging satu per satu ke dalam minyak panas, goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, sajikan.

Hari ini kita buat Daging Gepuk, yuk! Empal gepuk merupakan kuliner yang terbuat dari daging sapi. Kuliner ini memiliki rasa manis dan gurih yang sangat nikmat. Selain itu rasa dagingnya juga sangat enak, mengingat daging sapi yang. Empal ( Gepuk ) adalah kuliner masakan dari bahan daging sapi yang diolah dengan cara daging sapi direbus terlebih dahulu dengan bumbu sampai empuk yang kemudian digoreng.