Resep Sayur Daun Singkong dengan Santan. Menu masakan santan menjadi favorit dirumah. Karena bpk memang asli suku jawa, jadi setiap seminggu sekali pasti wajib masak sayur santan apapun. Sayur daun singkong ini menjadi salah satu menu favorit juga dirumah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Menu masakan dengan menggunakan santan adalah salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia, mulai dari bahan dasar daging, ikan, telur, dan. Singkong merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya. Singkongnya bisa kita jadikan berbagai macam olahan makanan, dan daunnya juga bisa kita buat sayur dengan santan.

Anda sedang mencari inspirasi resep resep sayur daun singkong dengan santan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal resep sayur daun singkong dengan santan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Menu masakan santan menjadi favorit dirumah. Karena bpk memang asli suku jawa, jadi setiap seminggu sekali pasti wajib masak sayur santan apapun. Sayur daun singkong ini menjadi salah satu menu favorit juga dirumah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari resep sayur daun singkong dengan santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan resep sayur daun singkong dengan santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan resep sayur daun singkong dengan santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Resep Sayur Daun Singkong dengan Santan memakai 20 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Resep Sayur Daun Singkong dengan Santan:

  1. Sediakan 1 ikat daun singkong.
  2. Ambil 65 ml santan instan.
  3. Ambil 300 ml air untuk merebus daun singkong.
  4. Siapkan 300 ml air untuk memasak sayur.
  5. Ambil 1 sdm minyak goreng untuk menumis.
  6. Siapkan Bumbu Halus.
  7. Sediakan 3 siung bawang merah.
  8. Siapkan 3 siung bawang putih.
  9. Ambil 1 sdt ketumbar.
  10. Gunakan 5 buah kemiri.
  11. Sediakan 3 cm kunyit.
  12. Gunakan Bumbu Pelengkap.
  13. Siapkan 3 buah cabai rawit merah, cuci (sesuaikan dengan selera).
  14. Gunakan 1 sdt ebi.
  15. Siapkan 1 batang serai, cuci dan memarkan.
  16. Ambil 3 lembar daun salam, cuci.
  17. Ambil 3 cm lengkuas, cuci dan memarkan.
  18. Siapkan 2 sdt garam.
  19. Sediakan 1 sdt gula.
  20. Gunakan 1 sdt merica bubuk.

Berikut adalah resep sayur daun singkong santan. Nah kalau dengan kuah santan, hidangan sayur daun singkong yang satu ini menjadi favorit suami. Dengan masakan yang sesederhana ini, suami saya makannya bisa nambah dan nambah lagi :D. Ini resep sederhana sayur daun singkong yang sering saya masak di dapur kecil saya bunda.

Langkah-langkah menyiapkan Resep Sayur Daun Singkong dengan Santan:

  1. Ambil 1 ikat daun singkong, cuci bersih lalu masukkan ke dalam air yang telah mendidih dan beri 1 sdt garam agar warna daun tidak cepat layu..
  2. Bumbu halus yang telah dicuci (bawang merah, bawang putih dan kunyit) serta ketumbar dan kemiri lalu diulek atau dapat diblender..
  3. Setelah daun singkong telah agak layu tiriskan dan buang airnya. Potong-potong sesuai selera..
  4. Panaskan minyak ke dalam wajan tempat memasak sayur, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum. Kemudian masukkan lengkuas, ebi, daun salam dan serai..
  5. Masukkan air 300ml air, dan masukkan daun singkong yang telah dipotong-potong. Lalu masukkan bumbu pelengkap lain, cabai rawit merah, gula, garam dan merica..
  6. Apabila air telah mendidih, masukkan santan sambil diaduk agar rata. Tunggu hingga kuah mendidih, koreksi rasa..
  7. Sayur daun singkong telah dapat disantap bersama keluarga.🍲🍲.

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Kamu pasti sudah pernah makan sayur daun singkong. Masakan ini nggak cuma bisa diolah dengan satu resep aja, lho! Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Resep Sayur Daun Singkong dengan Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!