Daun ubi tumbuk (daun singkong santan). Lihat juga resep Daun Singkong Tumbuk enak lainnya. Daun ubi tumbuk adalah hidangan sayuran yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk. Secara tradisional daun singkong ini ditumbuk dengan menggunakan lesung dan alu batu atau cobek dan ulekan, meskipun demikian, cara lain dengan mengiris dan mencincangnya tipis-tipis, atau menggunakan alat blender atau pemroses makanan juga dapat dilakukan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. sayur daun singkong tumbuk. Nah, jadi jangan terlalu pusing memikirkan menu sayuran untuk keluarga Anda. Faktanya, banyak sekali jenis sayuran yang dapat ditemukan dan dibeli dengan mudah dan murah namun dapat dimasak menjadi sajian khas dengan cita rasa enak tiada tara.

Sedang mencari ide resep daun ubi tumbuk (daun singkong santan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal daun ubi tumbuk (daun singkong santan) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari daun ubi tumbuk (daun singkong santan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan daun ubi tumbuk (daun singkong santan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Daun Singkong Tumbuk enak lainnya. Daun ubi tumbuk adalah hidangan sayuran yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk. Secara tradisional daun singkong ini ditumbuk dengan menggunakan lesung dan alu batu atau cobek dan ulekan, meskipun demikian, cara lain dengan mengiris dan mencincangnya tipis-tipis, atau menggunakan alat blender atau pemroses makanan juga dapat dilakukan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan daun ubi tumbuk (daun singkong santan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Daun ubi tumbuk (daun singkong santan) memakai 17 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Daun ubi tumbuk (daun singkong santan):

  1. Ambil 1 ikat daun singkong.
  2. Sediakan 100 ml santan kara.
  3. Gunakan Segenggam ikan teri.
  4. Sediakan 1 ruas Lengkuas geprek.
  5. Siapkan 1 batang sereh geprek.
  6. Sediakan 2 lbr daun salam.
  7. Sediakan 2 lbr daun jeruk.
  8. Sediakan 500 ml air / sesuai selera.
  9. Siapkan 2 buah cabe merah iris serong.
  10. Sediakan Bumbu halus.
  11. Ambil 1 ruas jahe.
  12. Sediakan 1 ruas kunyit.
  13. Gunakan 7 siung bawang merah.
  14. Siapkan 3 siung bawang putih.
  15. Siapkan 1/2 sdt lada.
  16. Siapkan 2 buah kemiri.
  17. Gunakan 4 buah cabe rawit.

Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Lihat juga resep Sayur Daun Ubi Tumbuk (Santan) enak lainnya! Daun ubi yang ditumbuk hingga lemas ini dimasak dalam santan yang agak kental.

Cara membuat Daun ubi tumbuk (daun singkong santan):

  1. Pertama rebus terlebih dahulu daun singkong dengan sedikit garam sambil kita menghaluskan bumbu.
  2. Angkat, tunggu dingin (bisa juga siram air dulu) lalu iris dengan pisau.
  3. Goreng ikan teri, lalu angkat.
  4. Sisihkan 2 siung bawang merah untuk di iris.
  5. Panaskan minyak untuk menumis,Masukan bawang merah iris dulu, lalu menyusul bumbu halus.
  6. Setelah mengeluarkan aroma sedap atau bumbu matang masukan daun singkong.
  7. Lalu tambahkan air, tunggu sampai mendidih.
  8. Baru masukan santan, aduk terus sampai mendidih.
  9. Masukan ikan teri goreng.
  10. Matikan api, siap di santap😁.

Didalam kuahnya saya menemukan rimbang / takokak dan terung telunjuk serta tentu saja serpihan bunga kecombrang. Saya pernah diajak kakak saya, Mbak Wulan, menikmati arsik ikan mas dan gulai ubi tumbuk di resto Batak di Batam, walau saat itu gulai ubinya saya akui. Daun ubi tumbuk adalah masakan khas Sumatera Utara. Masakan yang berbahan dasar daun singkong ini tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi kota Medan. Perpaduan daun singkong yang ditumbuk bersama rimbang, kecombrang, ebi, dan bumbu lainnya menghasilkan rasa dan aroma yang menggoda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Daun ubi tumbuk (daun singkong santan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!