Sambal Goreng Hati Kentang. Sambal goreng kentang ampela ati. foto: Instagram/@laila_umi. Lihat juga resep Sambal Goreng Ati Ampela enak lainnya. Sambal goreng kentang adalah salah satu contoh hidangan tradisional Indonesia yang memiliki rasa pedas, gurih, manis, dan disukai banyak orang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Sambal Goreng Hati dan Kentang Yang Mudah dan Praktis Cara Membuatnya. Seperti juga resep masakan Indonesia yang lainnya, untuk membuat resep masakan sambal goreng hati kentang ini supaya enak dan lezat kunci utamanya terletak di bumbunya. Masukkan hati ampela dan kentang yang sudah digoreng hingga matang.
Anda bisa memasak Sambal Goreng Hati Kentang dengan menggunakan 17 bahan dan 8 langkah. Silahkan diperhatikan semua informasi detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Sambal Goreng Hati Kentang

  1. Ambil 5 pasang hati dan ampela (saya ada stok hati aja).
  2. Ambil 3 buah kentang besar.
  3. Perlu 1 buah jeruk nipis.
  4. Siapkan 3 lembar daun salam.
  5. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  6. Perlu 2 cm lengkuas, geprek.
  7. Siapkan 1 batang serai, geprek.
  8. Ambil 1 buah bawang putih, geprek.
  9. Ambil 5 buah cabai merah keriting, potong memanjang.
  10. Siapkan 5 siung bawang merah, iris tipis.
  11. Ambil Sesuai selera garam.
  12. Ambil Sesuai selera gula pasir.
  13. Ambil Bumbu Yang Dihaluskan :.
  14. Ambil 10 buah cabai merah keriting (boleh dicampur cabai rawit merah).
  15. Siapkan 10 siung bawang merah.
  16. Siapkan 5 siung bawang putih.
  17. Perlu 3 buah kemiri (dibakar/digoreng).

Aduk rata semua bahan dan bumbu hingga keduanya tercampur rata. Kukus matang hati sapi, kemudian potong dadu kecil-kecil dan sisihkan. Potong kentang bentuk dadu kecil, goreng hingga matang dan cukup kering, tiriskan. Resep masakan sambal goreng kentang termasuk dalam resep masakan tradisional yang sangat terkenal sehingga ketinggalan jaman jika anda belum pernah membuat masakan yang satu ini.

Instruksi Membuat Sambal Goreng Hati Kentang

  1. Cuci bersih hati 😂 dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa saat..
  2. Kupas dan potong kentang bentuk dadu, rendam di air garam..
  3. Rebus hati dengan air yg ditambahkan selembar daun salam dan 1 buah bawang putih geprek. Jika sudah matang, tiriskan dan potong 2. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, goreng kentang (bisa kering bisa basah) tergantung selera. Sisihkan..
  5. Tumis irisan cabai merah. Setelah harum dan layu, masukan bumbu yang dihaluskan tadi. Tambahkan 2 lembar daun salam, lengkuas, daun jeruk serta irisan bawang merah tadi..
  6. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukan hati, aduk rata..
  7. Masukkan kentang dan sedikit air..
  8. Koreksi rasa. Biarkan hingga air mengering. Siap disantap.

Sambal goreng kentang paling enak dengan ditambah beberapa campuran seperti hati sapi atau petai. Kentang yang telah digoreng dimasak dengan bumbu sambal yang pedas dan ati goreng yang gurih, menjadikan menu ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Lumuri hati ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis. Sambal Goreng Kentang Hati sebenarnya bahan dan cara pembuatannya hampir sama dengan Sambal Goreng pada umumnya, namun yang membedakan adalah jelas karena ada tambahan Kentang dan juga Hati ayam di dalamnya. Sambal goreng kentang adalah sambal yang menggunakan kentang sebagai bahan utamanya.

Demikianlah resep membikin Sambal Goreng Hati Kentang, monggo dilakukan didapur anda dengan melihat semua bahan baku dan cara masak detail tersebut. Silahkan dibookmark website ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar bisa selalu memperoleh update resep terbaru apabila kami. Happy Cooking