Ayam Gepuk Kalasan. Sajian ayam goreng kalasan adalah hidangan lezat yang mudah. Nah, agar anda bisa membuat sajian ayam goreng kalasan dirumah, yuk mari kita simak resep mudahnya berikut ini. Ayam Goreng Kalasan (bahasa Jawa: ꦄꦪꦩ꧀ ꦒꦺꦴꦫꦺꦁ ꦏꦭꦱꦤ꧀, translit.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ayam Goreng Kalasan is an Indonesian type of processed fried chicken that is typical from the area of The specialty of Kalasan Fried Chicken is the taste of the chicken which is savory and kremesan. Jika pernah dengar Candi Kalasan, maka dari daerah yang sama juga ada sajian khas lezat yaitu ayam goreng kalasan. Sajian ayam kampung ini bercitarasa gurih-manis dengan daging empuk dan.

Lagi mencari inspirasi resep ayam gepuk kalasan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam gepuk kalasan yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sajian ayam goreng kalasan adalah hidangan lezat yang mudah. Nah, agar anda bisa membuat sajian ayam goreng kalasan dirumah, yuk mari kita simak resep mudahnya berikut ini. Ayam Goreng Kalasan (bahasa Jawa: ꦄꦪꦩ꧀ ꦒꦺꦴꦫꦺꦁ ꦏꦭꦱꦤ꧀, translit.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam gepuk kalasan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam gepuk kalasan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam gepuk kalasan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Gepuk Kalasan menggunakan 26 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Gepuk Kalasan:

  1. Gunakan 1/4 ekor ayam negri.
  2. Siapkan 1/4 potong tahu putih.
  3. Siapkan 2 batang sereh, geprek.
  4. Ambil 1 ruas lengkuas, geprek.
  5. Ambil 1 ruas jahe, geprek.
  6. Siapkan 3 lembar daun jeruk dan salam.
  7. Siapkan 500 ml air.
  8. Siapkan 2 sdm gula merah.
  9. Sediakan 1 sdm kecap manis.
  10. Ambil secukupnya garam dan penyedap.
  11. Gunakan Bumbu halus (blender/ulek):.
  12. Gunakan 6 siung bawang merah.
  13. Gunakan 4 siung bawang putih.
  14. Siapkan 1/2 sdt jinten.
  15. Ambil 1 sdt ketumbar.
  16. Sediakan 1 sdt merica.
  17. Siapkan 2 butir kemiri, sangrai.
  18. Gunakan 2 biji cabe merah keriting.
  19. Ambil 1 ruas kunyit, bakar.
  20. Sediakan Bahan sambal (diulek):.
  21. Ambil 10 cabe rawit merah.
  22. Siapkan 1 siung bawang putih dan bawang merah (goreng sebentar).
  23. Siapkan 1 sdm kacang mete, yang sudah dihancurkan.
  24. Gunakan 2 sdm minyak panas (bekas goreng bawang putih dan bawang merah).
  25. Sediakan 1/2 sdt minyak wijen.
  26. Siapkan secukupnya garam dan gula.

Ayam Goreng Kalasan is an Indonesian type of processed fried chicken that is typical from the area of Kalasan, Sleman, Yogyakarta. The specialty of Kalasan Fried Chicken is the taste of the chicken which is savory and kremesan which is very distinctive. Sajian Ayam Goreng Kalasan Asli yang diproduksi di Kalasan umumnya berupa ayam goreng utuh, tetapi hal ini susah dipraktekkan di dapur rumahan, potong sesuai selera agar mudah ditangani. Resep Ayam Bakar Kalasan enak dan mudah untuk dibuat.

Cara menyiapkan Ayam Gepuk Kalasan:

  1. Siapkan semua bahan. Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air..
  2. Tumis bumbu halus, tambahkan salam, sereh, daun jeruk, lengkoas, dan jahe. Masak sampai harum dan matang. Lalu masukkan ayam, aduk merata biarkan ayam meresap. Kemudian tuang air, kecap manis, gula merah, garam, penyedap dan masukkan tahu. Jangan lupa koreksi rasa lalu ungkep sampai ayam empuk dan air menyusut. Setelah matang, tiriskan ayam dan tahu..
  3. Goreng ayam dan tahu diminyak panas sebentar saja, lalu angkat dan tiriskan dengan tisu makan..
  4. Untuk sambal ala ayam gepuk pak gembus, ulek cabe rawit merah, tambahkan garam, gula, kacang mete, bawang merah dan bawang putih lalu siram dengan minyak panas. Kemudian tambahkan minyak wijen..
  5. Gepuk ayam bersama sambal. Ayam Gepuk Kalasan siap di santap dengan nasi hangat..

Lihat juga resep Ayam Goreng Kalasan Khas Sleman – DIY enak lainnya. Resep Ayam Goreng kalasan – kali ini kami ingin membagi resep ayam goreng yang begitu terkenal dan begitu istimewa yaitu aam goreng kalasan. Ayam Gepuk Official adalah Fanpage Resmi milik Ayam Gepuk Super. Ayam ungkep ayam goreng ayam kalasan ayam bumbu. Aku suka banget sama ayam ungkep nya.enak dan gurih berasa bumbunya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam gepuk kalasan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!