Kue Bugis.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep kue bugis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue bugis yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue bugis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue bugis enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue bugis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kue Bugis memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Bugis:

  1. Siapkan Bahan Kulit.
  2. Gunakan 300 gr tepung ketan putih.
  3. Gunakan 100 gr kentang kukus.
  4. Sediakan 30 gr gula tepung (aku pakai gula pasir diblender).
  5. Ambil 1/2 sdt garam.
  6. Ambil 65 ml santan instan.
  7. Siapkan 185 ml air pandan suji (15 suji + 4 pandan).
  8. Gunakan 1 sdt minyak goreng.
  9. Gunakan Bahan Isi.
  10. Ambil 200 gr kelapa parut.
  11. Gunakan 75 gr gula merah, sisir halus.
  12. Gunakan 2 lbr daun pandan, simpulkan.
  13. Sediakan 100 ml air.
  14. Sediakan 1/2 sdt garam.

Cara menyiapkan Kue Bugis:

  1. Bahan Isi. Campur semua bahan isi, masak diatas api sedang. Masak sampai air meresap. Sisihkan dan biarkan dingin. Setelah dingin bagi menjadi 30 bagian. Ini opsional ya..
  2. Bahan Kulit. Aduk rata tepung ketan, kentang, gula tepung dan garam, sisihkan. Campur rata santan instan dan air suji, aduk rata. Hangatkan. Selagi hangat tuangkan cairan santan suji sedikit-sedikit ke adonan tepung sambil diaduk rata dan diulen. Ulen adonan sampai kalis (adonan tidak menempel ditangan). Jika adonan masih kering, tambahkan sedikit dgn air hangat. Masukkan minyak, ulen rata..
  3. Bagi adonan menjadi 30 bagian, bulatkan. Ambil satu adonan, tekan tengah dengan ujung jari. Kemudian pipihkan adonan dgn cara dijepit-jepit seperti gambar dibawah ini..
  4. Beri isi. Bulatkan kembali. Ambil satu lembar daun pandan yg sebelumnya tlh dilemaskan dgn cara dibakar diatas api kecil (tujuannya supaya lentur dan tdk gampang robek). Oleskan sedikit minyak supaya adonan tidak lengket..
  5. Bentuk dan lipat daun pisang seperti contoh dibawah ini ya sobat. Untuk langkahnya aku ambil dr "bugis ubi ungu" yg pernah aku share sebelumnya disini :). Jika sobat tidak mau berbentuk kerucut, sobat bisa lipat persegi empat ya..
  6. Kukus bugis kedalam dandang yang telah panas diatas api sedang selama 20 menit. Angkat, sajikan :).

Demikianlah artikel membuat Kue Bugis, monggo disajikan didapur anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan petunjuk detail tersebut. Jangan lupa dibookmark website ini sehingga anda dapat dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terpopuler dari kami. Selamat masak. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Jika kamu ingin mewujudkan impian mu, hal pertama yang harus dilakukan adalah bangun dari mimpimu.”