Cilok bumbu kacang. Lihat juga resep Cilok Bumbu Kacang enak lainnya. Tuang bumbu ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Tambahkan kecap manis, aduk kembali sampai mengental.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Cilok Bumbu Kacang Pagi-pagi pengin nyemil cilok. Mumpung semua bahannya ada langsung bikin. Menurut wikipedia, Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep cilok bumbu kacang yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok bumbu kacang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok bumbu kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan cilok bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Cilok Bumbu Kacang enak lainnya. Tuang bumbu ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Tambahkan kecap manis, aduk kembali sampai mengental.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cilok bumbu kacang memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Cilok bumbu kacang:

  1. Sediakan 1 Bahan.
  2. Ambil 12 sdm Tapioka.
  3. Sediakan 10 sdm segitiga biru.
  4. Ambil bawang putih bubuk.
  5. Siapkan Lada bubuk.
  6. Ambil Masako (sy 1/2 bungkus).
  7. Siapkan Garam (sy 1/2 sdt).
  8. Ambil 300 cc air panas.
  9. Ambil 2 Bahan.
  10. Gunakan 1-2 genggam kacang tanah goreng.
  11. Ambil sesuai selera Cabai rawit merah.
  12. Siapkan 0,5 siung bawang putih.
  13. Siapkan Kecap.
  14. Gunakan Masako.
  15. Sediakan Garam.

Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Selain cilok polos dengan bumbu kacang, banyak pembuat cilok membuat variasinya dengan menambahkan daging ke dalam bola-bola tepung tapioka ini. Versi yang tak kalah menggoda adalah bakso cilok yang penyajiannya seperti bakso kuah.

Langkah-langkah membuat Cilok bumbu kacang:

  1. Campur bahan 1, uleni pelan hingga kalis. (jgn tll heboh nanti hasil keras😂).
  2. Masak air dalam panci dengan 2 sdm minyak(agar adonan tdk lengket), sembari menunggu air meletup panas, bentuk adonan bulat bulat..
  3. Masukkan cilok ke dalam air yang sudah meletup. Angkat jika sudah mengapung matang..
  4. Haluskan kacang+ bawang putih, masak dengan 100 cc air, sedikiit masako, garam, kecap,masak hingga mengental, cek rasa, tambah 1 sdm minyak dan aduk. Matikan kompor..
  5. Siram cilok dengan saus kacang, atau masukkan cilok masukkan ke panci sausnya dan aduk, dia akan mengental. Cilok siap disajikan..

Adonan cilok dicampur dengan daging sapi, lalu diberi kuah kaldu atau tanpa kuah. Setelah bumbu harum, masukan Kacang Tanah. Angkat tanpa ditiriskan, pindahkan ke blender. Siapkan wadah lalu masukan Kacang Tanah yang sudah halus, Kecap Manis, Gula Merah, Garam dan Air Panas. Resep Cilok Kuah Pedas Nampol Dipadukan dengan bumbu kacang.

Inilah cara memasak Cilok bumbu kacang, silahkan dilakukan didapur anda dengan melihat semua bahan bahan dan langkah detail itu. Jangan lupa dibookmark web ini agar anda bisa dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Selamat memasak!. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pagi merupakan jalan untuk melihat dunia baru, pengalaman baru dan harapan baru. Ayo sambut pagi dengan senyuman dari hati.”