Kue Bingkang Adee. KUE ADEE lebih dikenal dengan nama kue Bingkang Aceh, tepatnya berasal dari kabupaten Pidie Jaya, kecamatan Meureudu. Awal mulanya Kue Adee hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan (untuk makanan pembuka), ketika Hari Raya (sebagai hidangan wajib) atau jika sedang ada pesta-pesta perkawinan dan hanya bisa ditemukan didaerah Pidie Jaya. Kangen kue buatan nenek dari Aceh, buka-buka buku resep warisan orang tua.akhirnya nemu dan mencoba membuat sendiri dengan beberapa penyesuaian terutama dalam proses memanggangnya menggunakan api dari sabut kelapa, sekarang oven kompor gas 😁.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Meski berbeda, dua varian tersebut tetap punya cita rasa nikmat. Resep Kue Adee Khas Aceh Asli Enak. Resep kue yang akan kami bagikan kali ini berasal dari Aceh, lebih tepatnya dari kabupaten Pidie Meureudu.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep kue bingkang adee yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue bingkang adee yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

KUE ADEE lebih dikenal dengan nama kue Bingkang Aceh, tepatnya berasal dari kabupaten Pidie Jaya, kecamatan Meureudu. Awal mulanya Kue Adee hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan (untuk makanan pembuka), ketika Hari Raya (sebagai hidangan wajib) atau jika sedang ada pesta-pesta perkawinan dan hanya bisa ditemukan didaerah Pidie Jaya. Kangen kue buatan nenek dari Aceh, buka-buka buku resep warisan orang tua.akhirnya nemu dan mencoba membuat sendiri dengan beberapa penyesuaian terutama dalam proses memanggangnya menggunakan api dari sabut kelapa, sekarang oven kompor gas 😁.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue bingkang adee, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kue bingkang adee enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kue bingkang adee sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kue Bingkang Adee memakai 8 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Bingkang Adee:

  1. Sediakan 200 gr tepung beras (me : rose brand).
  2. Gunakan 200 gr tepung ketan putih (me : rose brand).
  3. Gunakan 400 gr gula pasir (jika suka manis bisa ditambah jadi 450 gr).
  4. Siapkan 2400 ml santan dari 2 bh kelapa atau 2 kotak santan instan @ 200ml diencerkan hingga menjadi 2400 ml.
  5. Ambil 6 butir telur ayam.
  6. Siapkan 1 sdt garam.
  7. Sediakan 1 sdt vanili bubuk.
  8. Sediakan 5 siung bawang merah di goreng dengan 2 sdm margarin (me : blue band).

Kue adee lebih dikenal dengan sebutan kue bingkang. Kue adee atau kue bingkang sudah menjadi suatu makanan yang wajib dibeli ketika anda sedang berkunjung ke provinsi Aceh ini. Lihat juga resep Kue Bingkang Adee, Kue Adee enak lainnya! Kue ini lebih dikenal dengan nama kue Bingkang Aceh, tepatnya berasal dari kabupaten Pidie Jaya, kecamatan Meureudu.

Langkah-langkah membuat Kue Bingkang Adee:

  1. Campur kedua jenis tepung kemudian sangrai dan diaduk hingga terasa ringan, sisihkan.
  2. Rebus santan bersama gula dan garam hingga hangat (diaduk agar santan tidak pecah).
  3. Setelah agak dingin tuang santan kedalam tepung sambil diaduk dengan mixer dengan kecepatan rendah. Jika menggumpal disaring..
  4. Kocok lepas telur kemudian campurkan kedalam adonan diatas. Jika adonan terlihat pucat, tambahkan pewarna makanan kuning dan masukkan vanilla.
  5. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius, dan siapkan loyang ukuran 22 x 22 cm yg diolesi mentega tipis.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yg sdh diolesi mentega dan taburkan bawang goreng bersama mentega cair yang digunakan untuk menggoreng.
  7. Bakar dalam oven yang sudah dipanasi dg suhu 220 derajat selama kurang lebih 1 jam..
  8. Jika ditest tusuk dg lidi sdh tdk menempel maka biarkan agar permukaan kue agak kuning kecokelatan (Dapat juga dg menggunakan api atas paling lama 5 memit ketika kue sdh matang).
  9. Keluarkan dr oven dan biarkan dingin kmd baru dipotong dan dihidangkan.
  10. Tips: karena kue ini dari tepung beras maka jika khawatir ketika matang akan terpisah antara tepung dgn santan (tepung dibawah dan santan diatas) maka sebelum dituang ke dalam loyang dapat dimasak sebentar (sambil terus diaduk) sampai kira2 sudah terasa berat adukannya. Hati2 jangan sampai sdh menjadi bubur. Kekhawatiran ini sangat dipengaruhi oleh ketebalan adonan dan pemanasan serta sifat dari oven..

Kue adee disebut juga kue bingkang. Penganan manis ini merupakan kue khas Pidie Jaya yang dibuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, santan, dan mentega yang dikukus sampai matang. Resep Cara Membuat Kue Bingkang Aceh Enak Sederhana – Kue panggang yang juga dapat anda coba kreasikan selain kue coklat atau nastar adalah kue adee atau lebih dikenal dengan sebutan kue bingkang. Kue ini adalah cemilan atau suguhan khas tradisional dari Aceh yang terbuat dari olahan bahan dasar tepung terigu, telur bebek dan pemanis gula. Kocok telur bebek dengan gula pasir sampai mengembang.

Demikianlah resep memasak Kue Bingkang Adee, mari dilakukan didapur anda dengan mengikuti semua bumbu bumbu dan petunjuk detail tersebut diatas. Ingat dibookmark website ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Lupakan apa yang tidak dapat kamu capai kemarin dan pikirkan hal-hal indah yang kamu miliki hari ini.”