Semur Tahu kentang telor ceker. Hehehe Kalau anakku sih doyan banget sama cekernya. #AhlinyaAyam #SiapRamadan nofitaa. Semur Ceker plus Tahu. #AhlinyaAyam Ceker salah satu makanan kesukaan saya, biasanya saya masak ceker di sop. Kali ini pengen nyobain masak ceker di semur.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Selain kandungan gizi yang banyak dalam semur telur puyuh kentang juga terdapat karbohidrat sebagai pengganti nasi. Semur adalah makanan yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah dan kecap manis. Inilah yang membuat semur terasa manis dan memiliki aroma yang kuat.

Sedang mencari inspirasi resep semur tahu kentang telor ceker yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal semur tahu kentang telor ceker yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur tahu kentang telor ceker, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan semur tahu kentang telor ceker yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Hehehe Kalau anakku sih doyan banget sama cekernya. #AhlinyaAyam #SiapRamadan nofitaa. Semur Ceker plus Tahu. #AhlinyaAyam Ceker salah satu makanan kesukaan saya, biasanya saya masak ceker di sop. Kali ini pengen nyobain masak ceker di semur.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat semur tahu kentang telor ceker sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Semur Tahu kentang telor ceker menggunakan 23 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Semur Tahu kentang telor ceker:

  1. Siapkan bahan utama :.
  2. Siapkan tahu putih.
  3. Gunakan telor (rebus, kupas kulitnya).
  4. Sediakan kentang.
  5. Siapkan ceker.
  6. Ambil bumbu dihaluskan :.
  7. Gunakan 6 siung bawang merah.
  8. Sediakan 4 siung bawang putih.
  9. Gunakan 3/4 biji kemiri.
  10. Ambil bumbu pelengkap :.
  11. Ambil 2 lembar salam.
  12. Sediakan 1 sereh.
  13. Ambil jahe 1 ruas (geprek).
  14. Ambil lengkoas 1 ruas (geprek).
  15. Ambil santan kara 1 (yg segitiga bungkusnya).
  16. Gunakan garam.
  17. Sediakan gula.
  18. Gunakan royko ayam.
  19. Siapkan merica bubuk.
  20. Gunakan cabai merah besar 3 (potong serong).
  21. Sediakan daun bawang iris2.
  22. Siapkan kecap.
  23. Ambil minyak untuk menumis.

Biasanya, bahan utama yang digunakan adalah daging sapi. Namun, semur juga cocok diolah menjadi menu lain seperti semur telur. Meski merupakan makanan khas Nusantara, semur terpengaruh dari Belanda. Tuang semur telur ke dalam wadah saji, taburkan bawang goreng untuk penyedap.

Cara membuat Semur Tahu kentang telor ceker:

  1. Rebus ceker sampai lumayan empuk (air kaldunya jgn dibuang krna buat campuran kuah semur), goreng tahu putih sampai garing, goreng kentang (kalo ak digoreng dulu,sesuai selera aja),rebus telor.
  2. Setelah ceker,telor,tahu dan kentang ready siapkan bahan2 bumbu halus dan bumbu pelengkapnya….
  3. Tumis bumbu halus, skalian masukan jahe,sereh,lengkoas,daun salam dan tunggu sampai harum…
  4. Stelah harum masukan air kaldu ceker td (kalo kurang bs tambahkan air biasa) trus tambahkan santan kara dan kecap secukupnya tunggu sampai mendidih lalu masukan ceker biarkan meresap dan sampai ceker bnr2 empuk….
  5. Masukan garam, merica bubuk,gula,royko (koreksi rasa), lalu masukan kentang,telor,tahu….
  6. Stelah Masukan cabe merah besar dana daun bawang…..jadi dehhh semur simple tapi bs bikin nambah terus…selamat mencoba 😋😋.

Semur telur juga di kenal di kawasan Palembang. Berbeda dengan semur Betawi, semur dari daerah ini memiliki cita rasa yang cenderung asam dan pedas. Di daerah aslinya, semur ini disebut dengan Malbi dan lebih sering memiliki isian daging. Mengingat harga daging sapi yang mahal, kita dapat memasak semur dari bahan-bahan yang lebih murah seperti daging ayam, tahu, kentang, jengkol dan lain sebagainya. Semur sendiri merupakan akulturasi budaya timur dan barat, sebagai modifikasi dari Smoor yang merupakan sup ala Belanda yang dibawa ke Tanah Air.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat semur tahu kentang telor ceker yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!