Pindang Tetel Khas Pekalongan. Pindang tetel ini bukan terbuat dari ikan pindang yang ditetel melainkan terbuat dari daging sapi yang dipotong atau ditetel menjadi ukuran yang kecil. Di bawah ini merupakan resep pindang tetel khas Pekalongan yang lezat dan bisa Anda coba resep nya di rumah. PINDANG TETEL adalah makanan khas Pekalongan yang lezat dan sangat menggoda, bahan baku utamanya adalah daging sapi, olahan ini mirip dengan olahan garang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Serupa pindang tetel, botok juga merupakan menu kuliner khas Pekalongan yang lazim dikonsumsi masyarakat setempat. Kuliner ini biasa dijual di pasar atau dijajakan berkeliling. Makanan khas Pekalongan lainnya yang wajib dicoba kelezatannya adalah pindang tetel.

Sedang mencari ide resep pindang tetel khas pekalongan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pindang tetel khas pekalongan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang tetel khas pekalongan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pindang tetel khas pekalongan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Pindang tetel ini bukan terbuat dari ikan pindang yang ditetel melainkan terbuat dari daging sapi yang dipotong atau ditetel menjadi ukuran yang kecil. Di bawah ini merupakan resep pindang tetel khas Pekalongan yang lezat dan bisa Anda coba resep nya di rumah. PINDANG TETEL adalah makanan khas Pekalongan yang lezat dan sangat menggoda, bahan baku utamanya adalah daging sapi, olahan ini mirip dengan olahan garang.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pindang tetel khas pekalongan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pindang Tetel Khas Pekalongan memakai 23 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pindang Tetel Khas Pekalongan:

  1. Gunakan 1 kg Daging Sapi.
  2. Siapkan 1 kg Sandung lamur.
  3. Gunakan 2 bungkus kikil.
  4. Siapkan ❤ Bumbu :.
  5. Siapkan Bawang merah.
  6. Ambil Bawang putih.
  7. Sediakan Cabe merah.
  8. Siapkan Kemiri.
  9. Siapkan Merica.
  10. Sediakan Terasi.
  11. Gunakan Garam.
  12. Siapkan Totole (penyedap optional).
  13. Sediakan Gula merah.
  14. Siapkan Gula pasir.
  15. Sediakan Sereh.
  16. Ambil Lengkuas.
  17. Ambil Daun salam.
  18. Gunakan Kecap manis.
  19. Ambil Kluwek (HARUS ADA).
  20. Ambil Irisan daun bawang.
  21. Ambil ❤ Pelengkap :.
  22. Gunakan Rebusan tauge.
  23. Siapkan Krupuk usek (PALING PENTING) & harus ada sih kalo menurutku 🤣.

Ciri kuliner tradisional satu ini didalamnya ada telan daging sapi dan aromanya begitu wangi karena diberi irisan daun bawang. Cara membuat pindang tetel ini hampir mirip dengan garang asem yakni. Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali ini adalah pindang tetel. Pindang tetel nerupakan makanan yang paling digemari masyarakat pekalongan.

Langkah-langkah menyiapkan Pindang Tetel Khas Pekalongan:

  1. Cuci bersih daging kemudian taburi garam dan merica bubuk dan diamkan sekitar 5 menit.
  2. Kemudian rebus daging, sandung lamur & kikil dg metode 5-30-7 tunggu air mendidih baru masukkan daging dkk (5 menit di rebus, 30menit diamkan api kompor matikan, jangan dibuka tutup ya, kemudian rebus lagi 7menit).
  3. Potong² daging menjadi kecil dalam keadaan sudah matang (menurutku lebih gampang soalnya dibanding pas daging masih mentah) kemudian masukkan ke rebusan lagi dan tambah air buat kuah 😉.
  4. Ulek semua bumbu, kecuali sereh, daun salam, dan lengkuas. bisa juga di blender beserta kluweknya.
  5. Setelah bumbu halus, panaskan minyak dan tumis bumbu + lengkuas, sereh, daun salam dan irisan daun bawang sampe harum / matang.
  6. Tambahkan gula merah, kecap, garam dan penyedap totole.
  7. Setelah kira² rebusan daging udah empuk, tinggal masukkan bumbu yg udah di tumis beserta minyak² nya.. tunggu sampe bumbu meresap ke daging dan warna daging ikut kecoklatan..
  8. Koreksi rasa dan sajikan, Jangan sampe lupa kasih krupuk useknya ❤👍🏼.

Pindang tetel kalau di Pekalongan adalah makanan sejenis rawon, khas dari daerah pekalongan. Tetapi untuk Pindang tetel kuahnya diberi banyak tomat, sehingga memberian rasa asam namun segar. Pindang tetel biasanya dicampur dengan daging, jerohan atau telur. Pindang Tetel merupakan salah satu makanan khas Kota Pekalongan yang berbahan dasar tetelan daging sapi yang telah dioleh dengan menggunakan bumbu khusus sehingga menciptakan rasa dan aroma yang menggugah selera. Menu makanan khas ini diberi tambahan kluak pada saat.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pindang Tetel Khas Pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!