Pempek Dos Nasi. Kali ini ada nasi yang masih bersisa, sayang kalo dibuang. Lihat juga resep Pempek Dos Nasi enak lainnya. Punya nasi sisa banyak,dont worry mantemans kita bikin pempek dos aja yuk yg simple ekonomis dan semua orang syukak!

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tinggal direndam dan dihaluskan, lalu campur dengan ebi yang sudah diseduh dan bahan-bahan lain. Jadilah pempek dos dengan aroma seafood yang kuat. Haluskan semua bahan pempek jadi satu kecuali tepung sagu dengan blender atau food processor.

Lagi mencari ide resep pempek dos nasi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos nasi yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kali ini ada nasi yang masih bersisa, sayang kalo dibuang. Lihat juga resep Pempek Dos Nasi enak lainnya. Punya nasi sisa banyak,dont worry mantemans kita bikin pempek dos aja yuk yg simple ekonomis dan semua orang syukak!

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos nasi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pempek dos nasi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek dos nasi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos Nasi menggunakan 10 bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pempek Dos Nasi:

  1. Ambil 250 gram ๐Ÿš nasi sisa semalam.
  2. Ambil 300 gram ๐Ÿฅ› air hangat.
  3. Gunakan 150 gram terigu (aku pakai segitiga biru).
  4. Ambil 10-15 gram ๐Ÿง‚garam.
  5. Ambil 15 gram kaldu udang ๐Ÿค (aku pakai ebi kering).
  6. Ambil 5 gram ๐Ÿง„bawang putih bubuk.
  7. Ambil 1 butir ๐Ÿฅštelur ayam.
  8. Sediakan 250-300 gram tepung tapioka / tepung kanji.
  9. Ambil 25 gram minyak goreng (aku pakai Barco).
  10. Siapkan Isian: telur secukupnya (disini aku pakai 4).

Setelah halus, tuang ke dalam wadah. Lihat juga resep Pempek Dos Nasi enak lainnya. Dulu sempat bikin pempek dos, kali ini mirip pempek dos hanya saja menggunakan nasi. Cari-cari resep dapat punya mb' nana hanif.

Langkah-langkah membuat Pempek Dos Nasi:

  1. Siapkan bahan2. Karena pakai ebi kering, ebinya aku rendam dulu pakai air hangat dan di ulek halus.
  2. Nasi di masukkan dalam foodprocessor bersama sebagian air, dihaluskan sampai menjadi menyerupai bubur. Setelah halus, masukkan dalam panci.
  3. Tambahkan terigu, garam, ebi halus dan bawang putih bubuk. Masak dengan api sedang sambil di aduk hingga kalis (sedikit berubah warna, menjadi agak kekuningan dan teksturnya lebih padat). Agak lama. Menunggu kalis, dan pegal ๐Ÿ’ช mengaduk karena makin padat ๐Ÿ˜†. Setelah kalis, matikan api dan biarkan agak dingin. Adonan ini disebut biang.
  4. Setelah hangat, masukkan telur dan aduk hingga rata..
  5. Dalam wadah masukkan sebagian besar tapioka / kanji. Lalu masukkan adonan biang yang telah di tambah telur. Aduk hingga rata. Penggunaan tapioka/ kanji tidak harus semua, bisa disesuaikan. Bila ingin pempek yg lebih lembut, penggunaan tapioka / kanji bs lebih sedikit. Ketika akan menguleni dengan tangan, jangan lupa tangan di balur dengan kanji agar tidak lengket..
  6. Adonan siap dibentuk. Adonan ini paling pas untuk membuat pempek lenjer, kapal selam (isi telur), pistel (isi tumisan pepaya) atau pempek tahu. Disini aku mau buat pempek. Lenjer dan kapal selam. Agar memudahkan pengisian, telor yg telah dikocok aku masukkan dalam botol bercorong. Jumlah telur, disesuaikan.
  7. Special aku photo tehnik membuat pempek kapal selam. Ambil adonan secukupnya, lalu padatkan dan bulatkan. Pada saat membulatkan, sisi bawah aku buat agak menyempit. Lalu tekan jempot disisi atas, pelan pelan terus menekan sampai ke bawah sambil di putar. Usahakan lobang jangan sampai melebar. Lobang cenderung menjorik kedalam seperti sumur.
  8. Setelah dirasa kedalaman lobang cukup, masukkan telur. Disinilah manfaat botol corong terasa, karena kocokan telur bisa langsung diarahkan ke tengah. Jangan smp telur terkena pinggiran, akan menyebabkan adonan tidak dapat menutup rapat dan bs berakibat bocor. Isi adonan secukupnya, lebih kurang 2/3 lobang. Lalu rapatkan sisi atas lobang, dimulai dari pinggir.
  9. Setelah itu langsung masukkan dalam panci yang telah berisi air panas (jangan mendidih ya). Setelah kocokan telur habis, saya juga buat pempek lenjer. Dan direbus bersama. Biarkan hingga semua pempek mengambang, dan matang dengan sempurna. Ohya.. Agar pempeknya tidak lengket satu sama lain setelah diangkat, masukkan 1 centong minyak goreng di dalam air rebusan.
  10. Pempek yang telah matang, ditiriskan dan siap untuk di goreng.

Saya ganti tanpa menggunakan telur ayam. Rasanya mirip kue tetel goreng, lembut dalamnya tapi renyah dibagian luarnya. Pempek Dos Buatan Kita Pasti Enak Dan Anti Gagal Dengan Tips Berikut GridFame.id – Rasanya masyarakat Indonesia akan kenyang jika sudah makan nasi. Makanya, nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat pempek dos nasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!