Ayam Goreng Tepung Sambal Matah. Ayam Goreng Tepung Sambal Matah Mela Apple Jakarta. Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit merah dan sereh. Lihat juga resep Ayam Crispy Sambal Matah enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Iris tipis bawang merah, serai, cabai dan daun jeruk Panaskan minyak hingga panas kemudian siram ke bumbu iris tadi. Sambal matah dengan ciri khas bahan-bahannya yang diiris ini, sangat cocok disantap bersama sajian apa saja. Tak terkecuali bila dipadukan dengan ayam goreng.

Lagi mencari ide resep ayam goreng tepung sambal matah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng tepung sambal matah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ayam Goreng Tepung Sambal Matah Mela Apple Jakarta. Iris bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit merah dan sereh. Lihat juga resep Ayam Crispy Sambal Matah enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng tepung sambal matah, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam goreng tepung sambal matah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam goreng tepung sambal matah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah memakai 10 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah:

  1. Ambil Ayam negri, potong 4.
  2. Ambil 6 buah Sereh, ambil yang putihnya saja lalu diiris tipis”.
  3. Sediakan 15 siung Bawang merah, diiris tipis”.
  4. Gunakan 40 buah Cabe gila, diiris miring.
  5. Siapkan 7-8 lembar Daun jeruk, iris tipis”.
  6. Gunakan 1-2 sdm jeruk lemon.
  7. Sediakan secukupnya Minyak kelapa.
  8. Siapkan secukupnya Garam.
  9. Sediakan Tepung bumbu sasa yang untuk ayam.
  10. Sediakan 1 buah Telor ayam.

Cukup gunakan bumbu-bumbu sederhana untuk membuat ayam goreng, seperti bawang putih, lada, dan ketumbar. Supaya citarasanya pas dan tidak menyamarkan kenikmatan dari sambal matah. Cara Membuat Ayam Goreng & Sambal Matah. Mula mula rebus ayam yang sudah di iris bersama bumbu, Masak di atas api sedang hingga air tinggal sedikit.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Tepung Sambal Matah:

  1. Rebus ayam terlebih dahulu sampai empuk, jangan lupa tambahkan garam.
  2. Apabila sudah empuk lalu dinginkan, apabila sudah dingin masukkan ke dalam telor, lalu ke tepung, telor lagi, tepung lagi, agar ayamnya krispy & lebih tebal.
  3. Setelah ayam di goreng, campurkan semua bumbu rempah tadi menjadi satu, tambahkan garam dan lemon.
  4. Panaskan minyak kelapa, apabila sudah panas, siram minyak tadi ke campuran bumbu rempah tadi.
  5. Campurkan ayam goreng tepung dengan sambal matahnya, masakan siap disajikan.

Panaskan minyak di dalam wajan di atas api sedang. Sambal Matah: aduk rata semua bahan kecuali minyak di dalam mangkuk sambil diremas. Sambal Dabu-dabu tidak menggunakan serai dan menggunakan tomat yang dipotong-potong, sedangkan Sambal Matah dari Bali ini menggunakan serai dan tidak menggunakan tomat. Selain itu lebih berkuah, karena setelah disiram menggunakan minyak goreng panas, Sambal Matah ditambah air hangat, sedangkan Sambal Dabu-dabu tidak. Sambal matah ini sangat simpel sampai-sampai tidak perlu repot untuk mengulek. (Foto: Shutterstock) Dalam bahasa Bali, 'matah' berarti mentah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam goreng tepung sambal matah yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!