Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep opor ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan opor ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam menggunakan 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Opor Ayam:

  1. Gunakan 1/2 Ekor Ayam.
  2. Gunakan 1 Batang Serai.
  3. Sediakan 1 Jeruk Nipis.
  4. Siapkan 2 Kara (Santan).
  5. Sediakan 2 Daun Salam.
  6. Siapkan 3 Daun Jeruk.
  7. Ambil secukupnya Garam, Gula, Kaldu Ayam.
  8. Siapkan Bumbu Halus.
  9. Sediakan 1/2 sdt Merica.
  10. Sediakan 1 Ruas Lengkuas.
  11. Sediakan 1 Ruas Jahe.
  12. Siapkan 1 Ruas Kunyit.
  13. Sediakan 1 sdt Ketumbar.
  14. Ambil 2 Cabai Merah Kriting.
  15. Sediakan 3 Cabai Rawit Merah.
  16. Siapkan 4 Butir Kemiri.
  17. Siapkan 5 Butir Bawang Putih.
  18. Gunakan 10 Butir Bawang Merah.

Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam:

  1. Cuci ayam hingga bersih, lalu beri perasan air jeruk nipis dan diamkan.
  2. Uleg semua bahan-bahan bumbu halus (boleh diblender juga).
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan juga serai yang sudah digeprek dengan minyak hingga harum.
  4. Lalu masukan air, kara (santan), garam, gula & kaldu ayam secukupnya.
  5. Lalu masukkan ayam tunggu hingga matang & sajikan.

Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai. Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of the easiest Indonesian recipes you can try at home, and very delicious.

Demikian artikel memasak Opor Ayam, monggo dipraktekkan ditempat anda dengan melihat semua bahan dan langkah detail diatas. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda dapat dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Selalu ada mentari baru, setiap pagi. Selalu ada kesempatan baru, tiap hari.”