SAMBAL DABU-DABU MATANG 🤩😋. Resep Sambal Dabu-Dabu – Sambal dabu-dabu adalah sebuah resep sambal khas Manado yang merupakan salah satu kekayaan kuliner Sambal dabu-dabu biasanya disajikan untuk menemani masakan seafood yang seringkali amis. Lihat juga resep Sambal dabu-dabu enak lainnya. Dabu-dabu merupakan bahasa Manado, Sulawesi Utara yang berarti sambal.

Sambal Dabu-dabu itu berasal dari Kota Manado, bahan-bahannya adalah bawang merah, cabai, perasan jeruk limau, dan minyak kelapa panas. Sambal ini tidak digoreng dan diulek seperti sambal lainnya. Sambal dabu-dabu juga menambahkan irisan tomat.
Anda bisa mendapatkan SAMBAL DABU-DABU MATANG 🤩😋 dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah. Silahkan diperhatikan informasi penting dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk SAMBAL DABU-DABU MATANG 🤩😋

  1. Perlu Ikan goreng.
  2. Ambil Cabai sesuai selera (rawitbsetan, rawit hijau, keriting merah).
  3. Perlu Kemangi (bisa skip).
  4. Ambil 5 btr bawang merah (sesuai selera banyaknya), rajang kasar.
  5. Ambil 1-2 Tomat merah+hijau (selera).
  6. Siapkan 1 Jeruk gibs (bs ganti jeruk nipis/lemon, limau) Sy pakai jeruk.
  7. Perlu gibs krn rasa asamnya berbeda. Lebih tajam rasa asamnya.
  8. Perlu Garam + gula.

Sambal dabu-dabu ini biasanya dibalurkan secara langsung di atas menu makanan yang disajikan seperti ikan, ayam, atau daging sapi. Untuk menemukan sambal dabu-dabu di Manado sangatlah mudah sekali, mengingat hampir setiap warung makan dan restoran di sana menyediakan kuliner. Resep sambal dabu-dabu khas Manado yang pedasnya segar di dalam mulut. Pernah mencoba masakan yang mengunakan sambal dabu-dabu?

Instruksi Membuat SAMBAL DABU-DABU MATANG 🤩😋

  1. Goreng ikan (sy kebetulan stock ikan kembung, jika ada kakap lbih siip lg 😁).
  2. Iris kasar bahan sambal.
  3. Tumis dng sedikiit saja minyak. Masukkan penyedap gula dan garam. Tuang sedikt saja air..
  4. Masukkan kemangi (bisa skip). Peras jeruk gibs/limau/lemon. Aduk sebentar.
  5. Siramkan pada ikan. Siap sajikan. Dimakan panas2 sedaap…🤩😋.

Kalau belum, kamu harus segera cobain. Rasa sambal dabu-dabu ini berbeda dengan sambal pada umumnya. Sambal dabu dabu khas manado, rasanya seger,pedas dan sdikit rasa asam, sangat cocok di sajikan dgn menu ikan bakar salah satu jenis sambal kekayaan kuliner nusantara khas daerah Manado adalah sambal dabu-dabu, yang cocok disajikan. Resep membuat Sambal Dabu-Dabu belakangan banyak dicari. Soalnya, sambal enak dan sederhana ini cocok banget menemani ikan goreng, ayam goreng sampai aneka bakaran, lo.

Demikianlah cara membikin SAMBAL DABU-DABU MATANG 🤩😋, silahkan dipraktekkan didapur anda dengan memperhatikan semua bumbu dan langkah langkah detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark website ini jadi anda bisa dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya dapat selalu memperoleh update resep terbaru jikalau kami. Happy Cooking