Pempek dos (pakai tambahan tepung beras). Lihat juga resep Pempek dos (pakai tambahan tepung beras) enak lainnya. Agar rasanya semakin nikmat, pempek DOS juga bisa ditambahkan dengan kaldu ikan bubuk atau tambahan telur di dalamnya. Perbedaannya dengan Pempek Palembang ialah pempek DOS terasa lebih kenyal.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lihat juga resep Pempek Dos Khas Palembang enak lainnya. Sifatnya kental dan lengket jika dipanaskan, makanya sering digunakan sebagai perekat makanan atau lem. Tepung tapioka sering digunakan untuk pembuatan pempek, cimol, cilok, dan batagor.

Lagi mencari ide resep pempek dos (pakai tambahan tepung beras) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek dos (pakai tambahan tepung beras) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos (pakai tambahan tepung beras), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek dos (pakai tambahan tepung beras) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Pempek dos (pakai tambahan tepung beras) enak lainnya. Agar rasanya semakin nikmat, pempek DOS juga bisa ditambahkan dengan kaldu ikan bubuk atau tambahan telur di dalamnya. Perbedaannya dengan Pempek Palembang ialah pempek DOS terasa lebih kenyal.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pempek dos (pakai tambahan tepung beras) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pempek dos (pakai tambahan tepung beras) memakai 22 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek dos (pakai tambahan tepung beras):

  1. Siapkan 200 gr tepung terigu segitiga.
  2. Siapkan 2,5 sdm tepung beras.
  3. Ambil 600 ml air mendidih.
  4. Ambil 1,5 sdm minyak goreng.
  5. Gunakan 1 butir telor.
  6. Gunakan 12-15 siung bawang putih.
  7. Siapkan 1 sdm garam halus.
  8. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk.
  9. Siapkan 250 gr tepung tapioka.
  10. Gunakan Siapkan tapioka untuk taburan tangan.
  11. Gunakan Bahan isian :.
  12. Siapkan Telor kocok lepas.
  13. Ambil Bahan cuka :.
  14. Sediakan 1 liter air.
  15. Siapkan 300 gr gula merah/aren.
  16. Gunakan 8 siung bawang putih, haluska.
  17. Ambil Cabe rawit haluskan.
  18. Siapkan 1 sdm asam jawa.
  19. Gunakan 1 sdm cuka.
  20. Siapkan 2 sdt garam.
  21. Ambil 1 sdt kaldu bubuk.
  22. Ambil 1 sdm gula pasir jika perlu.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Ikan dencis atau ikan tembang ini durinya banyak. Resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut Bingit nih. mendadak ingin masak pempek dos, ada referensi cara membuat yang cukup enak yang dijadikan acuan nih.mau tahu juga kan?.

Cara membuat Pempek dos (pakai tambahan tepung beras):

  1. Dlm baskom, campur tepung beras & terigu. Sisihkan.
  2. Didihkan 600 ml air, angkat, beri minyak goreng. Lalu masukkan ke dlm baskom berisi terigu & tpg beras, aduk rata, biarkan sampai tidak panas lag.
  3. Masukkan telur dan bawang putih, aduk rata.
  4. Masukkan garam & kaldu bubuk, aduk rata (pastikan memasukkan garam & kaldu bubuk setelah telur masuk & tercampur rata ya..).
  5. Masukkan tapioka, sedikit2, jgn sekaligus, uleni dengan tangan, cicipi..
  6. Rebus air di panci, beri 2 sdm minyak goreng, didihkan.
  7. Bentuk adonan sesuai selera, masukkan ke air mendidih, biarkan sampai mengapung, angkat.
  8. Setelah semua proses no 7 selesai, goreng pempek sampe kekuningan. Hidangkan…
  9. Bahan cuka : *rebus seluruh bahan sampai mendidih & gula hancur, saring. Hidangkan.
  10. Note: Klo mau pake campuran ebi silakan ya.. Ebinya dicuci bersinh, sangrai lalu ulek halus. Masukkan ebi ke adonan barengan sama garam..

Untuk wong palembang tulen pasti tahu dong pempek dos. yups pempek non ikan umum dimaksud juga pempek sagu. Jadi pempek di buat hanya memakai kombinasi tepung terigu, di resep pempek dos ini. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Pempek yang tidak menggunakan ikan alias pempek dos sering dijual di gerobak kakilima dengan harga murah meriah. Makanan ini juga bisa dibuat sendiri untuk camilan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek dos (pakai tambahan tepung beras) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!