Es daluman (es cincau hijau). Cincau hijau dikenal dengan nama daluman oleh masyarakat Bali. Di Jawa, cincau hijau memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng. Masyarakat Sunda menyebutnya camcauh atau tahulu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Es daluman ini memang memiliki ciri khas tersendiri yaitu selain memiliki rasa yang. Es Daluman (Cincau Hijau) Saat cuaca panas memang paling pas menyeruput minuman yang menyegarkan,seperti es daluman (cincau hijau) ini yang dipadukan dengan kelapa muda dan sagu mutiara,dijamin bisa menyegarkan badan saat cuaca panas #PanasManggantang #WanilahMeolah #CookpadCommunity_Borneo #cookpadcommunity_banjarmasin #. Es daluman ini dikenal luas di Bali dan Lombok.

Sedang mencari ide resep es daluman (es cincau hijau) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal es daluman (es cincau hijau) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari es daluman (es cincau hijau), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan es daluman (es cincau hijau) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Cincau hijau dikenal dengan nama daluman oleh masyarakat Bali. Di Jawa, cincau hijau memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng. Masyarakat Sunda menyebutnya camcauh atau tahulu.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah es daluman (es cincau hijau) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Es daluman (es cincau hijau) menggunakan 5 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Es daluman (es cincau hijau):

  1. Ambil secukupnya daun daluman.
  2. Sediakan 65 ml santan.
  3. Siapkan secukupnya gula merah.
  4. Sediakan daun pandan.
  5. Sediakan secukupnya garam, es batu.

Fimela.com, Jakarta Ingin menikmati es yang segar yang bisa menghilangkan panas perut dan melepas dahaga? Coba ikin es daluman santan ini. Dengan cincau hijau, es daluman ini benar-benar menyegarkan. Cara Membuat Es Daluman Khas Bali.

Cara menyiapkan Es daluman (es cincau hijau):

  1. Cuci daun daluman,lalu rendam pakai air matang sampai daun terendam.
  2. Lalu remas2 daun daluman sampai sari2 nya keluar dan air berubah menjadi kental dan berwarna hijau,ulangi meremas2 daunya sampai 2-3 kali,jika air perasan sudah tidak kental lagi,hentikan.
  3. Lalu saring sari2 daun daluman dan buang buih nya.. diamkan sampai menjadi seperti jelly.. biasanya saya simpan di kulkas semalaman 😂…
  4. Lalu bikin kuah gula merah nya: rebus air dan gula merah serta daun pandan sesuai selera.
  5. Kemudian lanjut bikin kuah santan: didihkan santan,garam dan air serta daun pandan sampai mendidih…
  6. Penyajian: ambil daluman yg sudah menjadi jelly lalu tuang kuah santan dan gula merah lalu tambahkan es batu… siap di hidangkan 😁.

Untuk proses pembuatan es daluman, bahan utama yang diperlukan tentunya adalah daluman atau cincau. Anda dapat membeli cincau hijau secara langsung di pasar tradisional. Selanjutnya, cincau hijau tersebut dibersihkan dan potong dalam ukuran yang kecil, lalu sisihkan. RESEP MINUMAN ES DALUMAN KHAS BALI. Daluman adalah Minuman Tradisional Bali sejenis Cincau Hijau yang memiliki nama lokal seperti camcao, juju dan kepleng.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Es daluman (es cincau hijau) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!