Opor Ayam Bakar. Ingredients for Opor Ayam – Chicken in Coconut Milk. Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of many Indonesian dishes from Central Java. Most families serve opor ayam and ketupat (rice cake in woven palm leaf pouch) to celebrate Lebaran (Idul Fitri, or Eid).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Biasa nya hidangan ini sangat populer di hari lebaran, tapi tidak harus menunggu lebaran, kita bisa membuat opor ini kapan saja kita suka. Lihat juga resep Opor Ayam Bakar enak lainnya. " Opor ayam bakar memang masakan yang paling disuka Sunan Kudus. Opor pesen di So (Suroso pemilik Rumah Makan Opor Sunggingan).

Lagi mencari ide resep opor ayam bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam bakar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam bakar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam bakar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Ingredients for Opor Ayam – Chicken in Coconut Milk. Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of many Indonesian dishes from Central Java. Most families serve opor ayam and ketupat (rice cake in woven palm leaf pouch) to celebrate Lebaran (Idul Fitri, or Eid).

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam bakar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Opor Ayam Bakar memakai 19 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam Bakar:

  1. Gunakan 1 ekor ayam (bisa banget pakai ayam kampung).
  2. Siapkan 1/4 buah jeruk nipis (resep asli pakai lemon).
  3. Sediakan 1/2 sdt garam.
  4. Gunakan 1/4 sdt lada bubuk.
  5. Sediakan Bumbu Halus.
  6. Gunakan 6 siung bawang merah.
  7. Ambil 3 siung bawang putih.
  8. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  9. Gunakan 1 jempol jahe.
  10. Siapkan 1 ruas kunyit.
  11. Ambil 2 butir kemiri sangrai (tambahan saya).
  12. Ambil Pelengkap.
  13. Gunakan 1 batang sereh, geprek.
  14. Ambil 1 bks santan instan uk 65 ml.
  15. Ambil 150 ml air.
  16. Siapkan 1/2 sdt garam.
  17. Ambil 1/2 sdt lada bubuk.
  18. Ambil 1/2 sdt gula (tambahan saya).
  19. Siapkan 1 sdm minyak untuk menumis.

Opor Bakar atau lebih dikenal dengan nama "Opor bakar Sunggingan" atau "Opor bakar Kudus" adalah makanan khas pagi masyarakat Kabupaten Kudus, tepatnya dulu dari Desa Sunggingan. Opor bakar Kudus cara membuatnya ayam kampung dimasak dengan kuah opor dahulu, kemudiaan ayam d bakar langsung diatas arang tanpa sekat seperti sate yang menggunakan jeruji kawat besi untuk membakar, tetapi arang. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Lihat juga resep OPOR Ayam Negeri enak lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Bakar:

  1. Siapkan bahan-bahan. Ayam potong 8 pcs atau sesuai selera, cuci bersih. Marinasi dengan bumbu, diamkan 15-20 menit. Sambil menunggu ayam dimarinasi, siapkan bumbu halus..
  2. Setelah cukup marinasi, siapkan teflon atau alat pemanggang. Oles dengan minyak, panaskan teflon. Bakar ayam sampai berwarna kecoklatan, angkat sisihkan..
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan tanak. Gunakan api sedang saja. Lalu masukkan sereh dan air, masak sampai mendidih. Masukkan ayamnya, aduk rata..
  4. Masukkan santan, beri garam, gula, dan lada, aduk merata beberapa saat, koreksi rasa. Masak sampai ayam benar-benar empuk dan matang, kuah sedikit mengental. Angkat, sajikan..

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam bakar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!