Cincau hijau daun rambat. Pembuatan cincau hijau dilakukan dengan cara meremas-remas daun cincau rambat hijau, sambil sedikit demi sedikit diberi air. Air hasil remasan ini disaring dan ditampung dalam wadah. Cincau hijau berasal dari daun tanaman rambat berjenis cylea berbata myers, sementara cincau hitam berasal dari daun tanaman mesona palustris atau yang juga dikenal dengan nama daun janggelan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tanaman cincau berasal dari Asia Tenggara, merupakan tanaman rambat dari famili siwar-siwaran (Menispermae), tanaman ini sering ditemukan tumbuh secara liar. Cara budidaya pohon cincau rambat sampai berhasil – dibalik kenikmatan cincau saat diolah dalam bentuk minuman, ternyata daun cincau asalnya dari pohon yang tumbuh subur. Pohon cincau kadang tumbuh merambat di tanaman lain lebih besar akan tetapi hanya merambah tak mengambil nutrisinya yang dirambati.

Anda sedang mencari ide resep cincau hijau daun rambat yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cincau hijau daun rambat yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cincau hijau daun rambat, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cincau hijau daun rambat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Pembuatan cincau hijau dilakukan dengan cara meremas-remas daun cincau rambat hijau, sambil sedikit demi sedikit diberi air. Air hasil remasan ini disaring dan ditampung dalam wadah. Cincau hijau berasal dari daun tanaman rambat berjenis cylea berbata myers, sementara cincau hitam berasal dari daun tanaman mesona palustris atau yang juga dikenal dengan nama daun janggelan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cincau hijau daun rambat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cincau hijau daun rambat memakai 6 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cincau hijau daun rambat:

  1. Ambil 30 lembar daun cincau rambat.
  2. Ambil 2 liter air matang / mineral.
  3. Ambil Secukupnya garam.
  4. Ambil Santan.
  5. Siapkan Gula merah cair.
  6. Sediakan Susu kental manis.

Dalam video ini ditampilkan cara membuat cincau hijau dari daun cincau rambat yang ada di halaman rumah kami, dari proses panen, pencucian, pemerasan daun hingga penempatan. #setiawanapvlog #. Pemetikan daun cincau hijau rambat bulu ini guna memenuhi pemesanan pembeli dari Jakarta yang memesan melalui toko online tokopedia kami di SAPGarden. Daun cincau hijau rambat bulu merupakan alternatif bahan pembuat minuman segar cincau, selain cincau hitam. Cara Membuat Cincau Hijau, Dari Daun Asli Cek resep Cara Membuat Cincau Hijau.

Cara menyiapkan Cincau hijau daun rambat:

  1. Cuci daun cincau satu persatu, karena daunnya anti air pastikan cuci sampai bersih.
  2. Tuang air kedalam wadah, masukkan garam secukupnya agar nanti rasanya tidak hambar. ambil daun cincau sedikit-sedikit, robek-robek lalu remas di dalam air, ambil lagi daun cincau ulangi sampai daun habis..
  3. Remas-remas daun cincau sampai berlendir atau kental dan warna menjadi hijau tua. Kira-kira 10 menitan..
  4. Lalu ambil ampas daun peras dengan tangan, sisanya saring dengan saringan santan atau teh..
  5. Diamkan atau taruh di dalam kulkas beberapa jam sampai mengental..
  6. Jika sudah bisa di potong berarti sudah jadi dan bisa di tambahkan santan, SKM dan gula merah cair..

Dibuat dari daun asli, mudah namun hasilnya segar dan sehat. Resep cara membuat cincau hijau, tentunya harus pakai daun asli agar sehat dan segar. Sayangnya jika beli diluar, kadang ada yang pakai campuran. Ternyata ada beberapa jenis daun cincau. Cincau perdu, cincau bulu, cincau rambat jelly, dan cincau hitam.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cincau hijau daun rambat yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!