Semur daging lebaran. Ya itu di Indonesia, udah lebaran duluan, disini masih malam hari, besok pagi baru mulai shalat Ied 😀. Semur daging sapi ini jaman dulu waktu saya masih kecil sering dibuatin sama orang tua saya, buat makan pake nasi. Resep Semur Daging Sapi – Lebaran sangat erat hubungannya dengan masakan lezat khas Nusantara.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Semur daging adalah "hidangan wajib" yang ada pada hari lebaran tuk menemani ketupat dan sayurnya. Dan pada saat ku kecil, ema'ku selalu buatkan semur daging kerbau tuk keluarganya. Entahlah mengapa pilihannya daging kerbau, mungkin kerbau memang sedang hits kala itu 🤭😁.
Anda bisa mendapatkan Semur daging lebaran dengan menggunakan 15 bahan dan 9 langkah. Silahkan disimak informasi dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Semur daging lebaran

  1. Siapkan 1 kg daging sapi segar.
  2. Ambil Tetelan sandung lamur.
  3. Siapkan 1/2 kilo kentang.
  4. Perlu Kecap bango.
  5. Siapkan Lada.
  6. Siapkan 4 sendok takeran bumbu Ketumbar.
  7. Ambil Jinten.
  8. Siapkan 5 buah Cengkeh buang kepala nya.
  9. Perlu 1/2 biji pala.
  10. Perlu 10 butir kemiri.
  11. Perlu 3 batang sereh.
  12. Ambil 6 bawang merah.
  13. Perlu 3 bawang putih.
  14. Perlu Jahe geprek.
  15. Ambil Kayu manis.

Cara Membuat Semur Daging Sapi Special Lebaran : Langkah awal siapkan semua bahan, tumis bumbu halus bersama daun salam dan serai sampai tercium aroma wangi sedap dan matang. Tambahkan garam, gula dab penyedap rasa. Setelah itu masukkan daging, aduk sampai bumbu merata dan meresap. Semur sangat cocok untuk hidangan sahur dan berbuka puasa ramadhan, dan di hari lebaran atau hari raya idul fitri.

Langkah Langkah Membuat Semur daging lebaran

  1. Cuci daging sampai bersih tiriskan.
  2. Kupas kentang potong menjadi 3 bagian atau sesuai selera, cuci dan tiriskan.
  3. Haluskan bumbu di atas : lada, ketumbar, jinten, kemiri, bawang merah, bawang putih dan iris kecil2 batang serehnya uleg sampai halus.
  4. Geprek jahe, biji pala, dan kayu manis.
  5. Godok daging bersama bumbu yg di haluskan tadi sampai 30 menit.
  6. Tambahkan air dan masukkan kecap sesuai selera.
  7. Masukkan kentang yg sudah di potong td.
  8. Aduk terus sampai mendidih dan empuk.
  9. Jika daging sudah empuk, matikan kompor siap di sajikan.

Semur daging juga biasa dijumpai di acara hajatan atau acara selamatan. Selain resep semur jengkol, Betawi juga punya bumbu semur spesial yang legit dan lezat. Resep semur daging betawi biasanya juga dipakai buat pelengkap nasi uduk bersama dengan semur telur dan tahu. SEMUR DAGING SAPI Daging sapi khas Cabe merah Bawang merah Bawang putih Jahe, kunyit, lengkuas Daun Salam, Sereh Buah Pala Ladah Kemiri Kedaung Terasi Asem mateng Gula aren Kaldu bubuk Kecap manis. Masakan warisan leluhur turun temurun betawi.