Pindang Kepala Haruan (Ikan Gabus). Pindang Kepala Haruan (Ikan Gabus) kepala ikan gabus, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, cabe merah, cabe hijau Eva Susanti Botutihe. Paesan tempoyak kepala ikan gabus (pepes) Paesan tempoyak adalah makanan khas masyarakat Sumatera Selatan hingga Bengkulu. Tempoyak (Asam Durian) adalah olahan buah durian yg difermentasi dengan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Pindang Kepala Iwak Haruan (Ikan Gabus) – Resep yang satu ini adalah resep khas Samarinda. Bagi Anda orang Samarinda yang tinggal jauh dari rumah dan rindu dengan kampung halaman, bisa mencoba memasak pindang kepala iwak haruan ini. Resep Pindang kepala iwak haruan (ikan gabus).

Lagi mencari inspirasi resep pindang kepala haruan (ikan gabus) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang kepala haruan (ikan gabus) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pindang Kepala Haruan (Ikan Gabus) kepala ikan gabus, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, cabe merah, cabe hijau Eva Susanti Botutihe. Paesan tempoyak kepala ikan gabus (pepes) Paesan tempoyak adalah makanan khas masyarakat Sumatera Selatan hingga Bengkulu. Tempoyak (Asam Durian) adalah olahan buah durian yg difermentasi dengan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang kepala haruan (ikan gabus), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pindang kepala haruan (ikan gabus) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pindang kepala haruan (ikan gabus) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pindang Kepala Haruan (Ikan Gabus) menggunakan 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pindang Kepala Haruan (Ikan Gabus):

  1. Sediakan 3 buah kepala ikan gabus.
  2. Sediakan 3 butir bawang merah.
  3. Gunakan 2 butir bawang putih.
  4. Gunakan Seruas kunyit.
  5. Sediakan Seruas lengkuas.
  6. Gunakan 1 batang serai.
  7. Ambil 1 buah cabe merah.
  8. Gunakan 1 buah cabe hijau.
  9. Gunakan 2 buah tomat kecil.
  10. Ambil 3 buah cabe rawit.
  11. Siapkan Secukupnya terasi.
  12. Siapkan Secukupnya garam dan penyedap rasa.

Cari produk Lauk Pauk lainnya di Tokopedia. PINDANG IKAN GABUS DAN MUDA LAOS enak lainnya. Ikan gabus memiliki kepala berukuran besar dan agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead). Terdapat sisik-sisik besar di atas kepala.

Cara menyiapkan Pindang Kepala Haruan (Ikan Gabus):

  1. Iris tipis bawang, potong-potong cabe dan tomat, cincang halus kunyit, lengkuas dan serai..
  2. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum..
  3. Masukkan kunyit, lengkuas dan serai, aduk sebentar. Masukkan cabe dan tomat, aduk hingga layu..
  4. Masukkan terasi, aduk hingga larut dan tercampur rata..
  5. Siapkan kepala ikan gabus, beri jeruk nipis..
  6. Masukkan kepala ikan gabus ke tumisan bawang, tambahkan air secukupnya..
  7. Aduk sebentar, tunggu hingga dagingnya empuk..

Tubuh berbentuk bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali atau torpedo. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Karena kepala ikan gabus menyerupai kepala ular, ikan ini juga sering dikenal dengan nama snake head. Budidaya gabus bisa memberikan keuntungan maksimal bagi anda. Ikan ini banyak dicari masyarakat untuk dikonsumsi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang kepala haruan (ikan gabus) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!