Pempek Dos (Pempek Tanpa Ikan). Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan) Enak dan Sederhana Koki Cantik Temukan Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan) enak, sederhana & praktis disini. Bahan menu olahannya murah, mudah didapat dan cara membuat Pempek Dos (Tanpa Ikan) ini cocok untuk pemula Lauk Utama resep pempek dos (tanpa ikan) Indonesia Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya.

Anda sedang mencari ide resep pempek dos (pempek tanpa ikan) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos (pempek tanpa ikan) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos (pempek tanpa ikan), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan pempek dos (pempek tanpa ikan) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pempek dos (pempek tanpa ikan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Pempek Dos (Pempek Tanpa Ikan) menggunakan 13 jenis bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Pempek Dos (Pempek Tanpa Ikan):

  1. Siapkan 150 gr Tepung terigu.
  2. Gunakan 1 sdm Masako Ayam.
  3. Gunakan 1 1/2 sdt Garam.
  4. Gunakan 4 gelas belimbing Air Panas Mendidih.
  5. Ambil 3 btr Telur Ayam untuk adonan.
  6. Siapkan 3 btr Telur Ayam untuk isian kapal selam.
  7. Ambil 2 sdm Minyak Goreng.
  8. Sediakan 400 gr Tepung tapioka / Sagu.
  9. Gunakan Untuk Cuko.
  10. Gunakan Gula Merah.
  11. Siapkan Bawang Putih.
  12. Gunakan Cabe Rawit.
  13. Ambil Asam Jawa.

Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan. Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya. Bikin saus cuko pempek dos : Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, bumbu halus serta garam.

Cara membuat Pempek Dos (Pempek Tanpa Ikan):

  1. Buat adonan biang pempek dulu, siapkan baskom, masukkan tepung terigu, masako, dan garam. Aduk. Lalu tuang air panas mendidih, dikira2 saja airnya, jgn sampai biang encer. Lalu aduk sampai rata dan tidak ada terigu yg menggumpal..
  2. Tambahkan 2sdm minyak goreng ke adonan biang, aduk merata. Saya menambahkan minyak goreng supaya pempek tidak keras..
  3. Tambahkan 3 butir telur ke adonan. Aduk sampai telur dan adonan biang tercampur merata..
  4. Lalu tambahkan tepung tapioka, boleh jg pakai sagu. Sedikit2 saja sampai adonan bisa dibentuk, dan tidak menempel di tangan..
  5. Siapkan panci, rebus air sampai panas..
  6. Untuk membuat lenjer, pempek tinggal dibentuk bulat seperti bola di tangan lalu dibentuk agar memanjang..
  7. Kocok 3 butir telur dan berikan sedikit garam untuk rasa. Bentuk pempek seperti lonjong, lubangi tengahnya dengan jempol dan pipihkan atasnya untuk direkatkan setelah diisi telur. Lalu isi dengan telur yg sudah dikocok. Jgn terlalu banyak supaya tidak meluber. Rekatkan dgn cara ditekan-tekan..
  8. Rebus pempek yg sudah dibentuk sampai mengapung. Jika sudah mengapung berarti pempek sudah matang. Bisa didiamkan sekitar 5 menit setelah mengapung supaya pempek benar2 matang. Angkat pempek..
  9. Goreng pempek sampai berwarna kuning keemasan..
  10. Untuk Kuah Cukonya, siapkan air sekitar 700ml, rebus..
  11. Sisir 5 buah gula merah. Larutkan 1 bungkus asam jawa dgn air panas. Haluskan 5 siung bawang putih dan 11 siung cabai rawit. Cabai bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai kepedasan yg diinginkan..
  12. Masukkan bahan2 ke air yg sudah dipanaskan. Masak cuko sampai mendidih. Tambahkan 1/2 sdt garam. Test rasa. Rasa cuko harus asam manis pedas dan beraroma bawang putih..
  13. Jika sudah mendidih, cuko bisa disiramkan ke pempek yg sudah digoreng. Bisa ditambahkan mie kuning dan potongan timun agar lebih nikmat..

Matikan api serta masukkan cuka/air asam jawa ke dalamnya. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan. Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat. Hasilnya sih tetap enak ya, apalagi cukonya 🤤 setidaknya mengobati kangen makan pempek asli palembang yg biasa dibawain suami klo dari dinas di s.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek dos (pempek tanpa ikan) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!